Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
9 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung pada Bayi - Nutriclub
Kesehatan

9 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Article Oleh : Ega Krisnawati 02 Mei 2023

Tidak selalu dengan obat, Mama bisa mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara alami. Pasalnya, tidak semua obat pereda kembung di pasaran boleh diberikan pada bayi. Di sisi lain, obat juga bisa memberikan efek samping. 

Supaya si Kecil tidak lagi rewel dengan masalah pencernaan ini, Mama dan Papa perlu mengetahui cara alami mengatasi perut kembung pada bayi.

Namun sebelum itu, Mama dan Papa juga perlu tahu apa penyebab dan gejala perut kembung bisa muncul pada bayi.

Penyebab dan Gejala Perut Kembung pada Bayi

Dikutip dari laman Healthline, ada beberapa kemungkinan yang membuat perut si Kecil kembung. Sejumlah orang percaya kalau bayi yang masih mendapat ASI sering kali kembung karena kandungan makanan di dalam ASI. Misalnya, sayuran dan kacang-kacangan tertentu dapat membuat perut bergas. 

Sementara sejumlah orang lainnya percaya bahwa makanan asam dan kelebihan produk susu dalam makanan bisa memperburuk kondisi pencernaan bayi.

Kendati begitu, pola makan Mama bukanlah satu-satunya penyebab bayi sering kentut dan perutnya kembung. Misalnya, ketika si Kecil diberi susu formula ia mungkin bereaksi terhadap susu formula yang mengandung laktosa.

Pasalnya, intoleransi laktosa sering muncul dalam bentuk gas dan kembung. Kondisi ini kemungkinan besar juga membuat bayi mengalami masalah pencernaan lainnya, seperti diare.

Penyebab yang lebih umum, lainnya adalah menelan banyak udara saat makan terlalu banyak, termasuk diberi ASI maupun susu formula.

Mama, segera waspada perut si Kecil kembung jika mengalami hal-hal berikut:

  • Wajah si Kecil merah saat menangis.

  • Sering menggeliat dan bayi sering bersendawa.

  • Menarik kaki ke dadanya.

  • Susah tidur atau nafsu makan buruk.

  • Tampak tidak nyaman.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Kolik pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Cara Alami Mengatasi Perut Kembung Bayi

Jika si Kecil mengalami perut kembung, Mama dan Papa jangan langsung panik. Jangan terburu-buru memberikan obat pada bayi karena masih ada cara alami yang bisa dipilih guna mengatasi perut kembung pada bayi.

Mama bisa ikuti tips berikut:

1. Gerakkan Kaki Si Kecil dengan Pola Melingkar

Untuk bisa membantu si Kecil dari perut kembungnya, Mama bisa membaringkan si Kecil dan mengangkat kakinya dengan lutut ditekuk.

Lekukan lutut si Kecil, seperti gerakan bersepeda. Cara ini bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dalam perutnya.

2. Angkat Kepala Si Kecil

Dengan Mama mengangkat kepala si Kecil di atas perutnya, gas di dalam perut akan segera reda. Selain itu, gerakan ini juga bisa menahan si Kecil dalam posisi tegak untuk bersendawa.

Lakukan cara alami ini secara perlahan, ya, Ma.

3. Ajak si Kecil Pergi Naik Mobil

Bila si Kecil suka naik mobil, Mama bisa membantu si Kecil untuk meredakan gas di dalam perutnya dengan naik mobil. 

Dengan goyangan yang lembut, si Kecil bisa lebih tenang dan rasa sakit di dalam perutnya berkurang.

4. Coba Bedong Si Kecil

Membedong si Kecil, bisa jadi cara alami mengatasi perut kembung pada bayi, lho! Mama bisa mencobanya, walaupun tidak semua bayi menyukainya.

Jika si Kecil kurang nyaman dengan cara ini, pilih alternatif lainnya untuk mengatasi perut kembung pada bayi, Ma.

5. Gendong si Kecil dengan Cara Telungkup

Mama bisa mencoba menggendong si Kecil di lengan dengan cara menelungkupkannya. Jika melakukan cara ini, Mama harus menopang kepala si Kecil dan mengangkatnya sedikit.

Lalu, pastikan wajah atau hidung bayi tidak ditutupi.

6. Bantu si Kecil untuk Bersendawa

Perut kembung yang penuh gas, akan reda bila gas yang berlebihan dikeluarkan. Jadi, cara tepat untuk mengatasi perut kembung bayi adalah dengan membantunya bersendawa.

Mama bisa menggosok atau menepuk punggungnya dengan lembut.

7. Coba Alihkan Perhatian si Kecil

Si Kecil mungkin lebih mudah menangis karena merasakan ketidaknyamanan. Jika demikian,  Mama bisa membantu dengan mengalihkan perhatian mereka dari rasa sakit dan tidak nyaman di perutnya.

Sebagai contoh solusinya, Mama bisa mengajaknya bernyanyi ataupun menawarkan mainan kesukaannya untuk membantu si Kecil melupakan rasa tidak nyaman di perutnya..

8. Tummy Time

Tummy time atau latihan tengkurap bisa membantu meredakan gas yang terperangkap di perut si Kecil. 

Tidak hanya itu, tummy time juga bisa memperkuat otot tubuh bagian atas dan mendorongnya untuk mengangkat kepala.

Cara di atas umumnya ampuh mengatasi perut kembung pada bayi. Namun, bila kondisinya tidak membaik, Mama harus segera bicara ke dokter anak.

Baca Juga: Batuk Alergi pada Anak: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Situs kesehatan WebMD menyebutkan, biasanya gas bayi normal  bisa diobati. Meski begitu, pada beberapa kasus yang jarang terjadi, kondisi ini bisa menjadi gejala awal masalah pencernaan yang lebih serius.

Lantas, Mama bisa menghubungi dokter jika si Kecil mengalami: 

  • Tidak buang air besar.

  • Feses berdarah.

  • Gelisah.

  • Demam.

Jadi, perawatan alami memang diutamakan sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi ketimbang langsung memberikannya obat. Namun pada beberapa kondisi, bayi membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dan obat untuk mengatasi perut kembung.

Cara Mencegah Perut Kembung pada Bayi

Walaupun banyak cara bisa Mama lakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi, masalah pencernaan ini dapat kambuh di lain waktu.

Supaya perut kembung tidak kambuh, Mama dan Papa bisa menerapkan cara berikut ini untuk pencegahan:

1. Ubah Posisi saat Menyusui

Mama bisa mencoba mengubah posisi bayi saat menyusui untuk memastikan kepalanya sedikit di atas perut Mama, untuk memudahkan ASI masuk ke dalam perutnya dengan lancar sehingga tidak banyak udara yang masuk.

2. Perbaiki Posisi Pelekatan Puting saat Menyusui

Tidak jarang posisi pelekatan puting yang lemah saat memberikan ASI berakibat pada bayi yang menelan terlalu banyak udara. 

Kendati demikian, Mama bisa berkonsultasi dengan konsultan laktasi bila menyusui si Kecil terasa sakit, bayi tampak frustasi, atau sering lepas dari payudara. 

3. Beri Makanan Pelan-Pelan

Memperlambat kecepatan minum si Kecil juga bisa membantu mencegah perut kembungnya.

Pasalnya, sejumlah bayi minum dengan sangat cepat sehingga menyebabkan ia menelan udara. Oleh karena itu, Mama bisa memberikan dot aliran lambat.

4. Bantu Si Kecil Bersendawa

Mama bisa membiarkan si Kecil beristirahat di tengah menyusui dan mendorongnya untuk bersendawa. 

Bila bayi tidak langsung bersendawa, cobalah Mama membaringkan si Kecil selama beberapa menit kemudian coba lakukan lagi. Buat anak bersendawa ketika sedang istirahat dengan posisi yang paling nyaman bagi bayi. 

Ada beberapa posisi yang bisa dicoba agar bayi bersendawa, yakni:

  • Pertama, gendong dan dekap si Kecil di atas bahu Ibu. Kemudian, tepuk dan usap-usap punggung bayi dengan perlahan.

  • Kedua, dudukkan bayi di pangkuan Ibu, lalu tepuk-tepuk punggungnya, hadapkan bayi ke luar atau ke samping dan tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut.

Untuk si Kecil yang sudah disapih, Mama bisa membantunya untuk bersendawa setelah makan.

Nah, dari cara mengatasi perut kembung pada bayi di atas, mana yang sudah pernah Mama terapkan? Jangan lupa untuk mengikuti tindakan pencegahan perut kembung agar si Kecil bebas dari gangguan pencernaan.

Mama juga bisa konsultasi langsung dengan tim Nutriclub Expert Advisor yang siap 24/7 menjawab semua pertanyaan dan kekhawatiran Mama seputar kesehatan bayi.

Dapatkan juga Ebook panduan eksklusif untuk mendukung daya tahan tubuh anak di 1000 hari pertamanya di sini.

Semoga artikel ini membantu dan si Kecil senantiasa sehat selalu, ya!

  • Schaefer, Anna. “Simple Tricks to Prevent and Relieve Your Baby’s Gas.” Healthline, 14 Dec. 2018, www.healthline.com/health/parenting/baby-gas-prevent-relief#takeaway. Accessed 26 Feb. 2023.

  • Brown, Tracy. “What to Do When Your Baby Has Gas.” WebMD, 9 Mar. 2022, www.webmd.com/parenting/baby/features/infant-gas.

  • Villines, Zawn. “Why Is My Baby Gassy? Symptoms and Treatment.” Www.medicalnewstoday.com, 11 May 2022, www.medicalnewstoday.com/articles/324725#when-to-call-the-doctor. Accessed 26 Feb. 2023.

floating-icon