Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
sembelit-pada-ibu-hamil_large
Kehamilan & Menyusui

Sembelit Pada Ibu Hamil

15 Januari 2020

Sembelit termasuk salah satu gangguan umum yang sering dialami pada masa kehamilan. Berikut paparan Tim Ahli Nutriclub tentang cara mencegah sembelit pada ibu hamil.

Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil

Di masa kehamilan Ibu, konstipasi bukan hanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, tapi juga dipengaruhi oleh hormon. Selama hamil, tubuh Ibu akan memproduksi jauh lebih banyak hormon progesteron. 

Hormon ini akan membuat otot Ibu lebih elastis dan janin bisa tumbuh berkembang di perut Ibu. Sayangnya, hormon ini juga akan membuat gerakan usus menjadi lebih lambat, sehingga pengeluaran kotoran dari tubuh Ibu juga akan menjadi lambat. Ini merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya konstipasi di masa kehamilan.

Did you know?

”Selain mengandung nutrisi penting dan esensial seperti vitamin, serat, mineral, dan antioksidan, buah-buahan dan sayuran dengan jumlah seimbang selama masa kehamilan juga akan melindungi si Kecil dari risiko mengidap alergi. Ketahui selengkapnya di sini.“

Cara Mencegah Sembelit

Secara alamiah, kemungkinan besar ibu hamil akan mengalami sembelit. Namun Ibu bisa mencegah terjadinya sembelit dengan beberapa tips berikut ini:

  • Makan serat seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. 
  • Banyak minum air mineral, untuk mencegah terjadinya dehidrasi sekaligus membantu melancarkan pencernaan Ibu. Upayakan minum sedikitnya 8 gelas air sehari 
  • Melakukan olahraga yang dianjurkan di masa kehamilan seperti berenang, jalan santai selama  20 sampai dengan 30 menit per hari dapat mendorong sistem kerja usus lebih baik. 

Apakah Sembelit pada Ibu Hamil Berbahaya?

Sembelit sebenarnya merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di masa kehamilan, karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh Ibu.

Namun Ibu sebaiknya cermat, apabila Sembelit yang Ibu alami tidak mereda setelah Ibu mengonsumsi makanan dengan pola makan teratur, mengonsumsi banyak serat dan melakukan olahraga ringan secara teratur, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter.

Ibu juga sebaiknya segera menghubungi dokter apabila Sembelit diikuti dengan sakit perut berkepanjangan atau bila Ibu menemukan terdapat darah pada feses saat buang air besar.

comment-icon comment-icon