Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
tips-mudik-aman-untuk-ibu-hamil_large
Kehamilan & Menyusui

Tips Mudik Aman untuk Ibu Hamil

15 Januari 2020

Sebentar lagi Idul Fitri tiba, bila Ibu memiliki tradisi untuk mudik, mungkin Ibu akan merasa khawatir saat bepergian di masa kehamilan, entah bepergian dengan pesawat terbang, kereta maupun mobil pribadi. Berikut adalah tips mudik aman untuk Ibu hamil dari Tim Ahli Nutriclub.

Mudik Jalur Darat di Masa Kehamilan

 
Sebelum membuat keputusan untuk mudik di masa hamil, pastikan Ibu telah mengantongi izin dari dokter kandungan Ibu. Bila sudah mendapat izin, berikut ini adalah persiapan cerdas yang perlu Ibu lakukan agar mudik tetap nyaman dan aman.

 

- Ibu bisa mudik dengan menggunakan mobil pribadi, bis ataupun kereta, secara umum moda transportasi ini aman bagi Ibu. 
- Gunakan seat-belt selama diperjalanan saat menggunakan mobil pribadi. Posisikan duduk Ibu dengan nyaman, dengan bantuan  bantal dan juga menggunakan selimut.
- Pastikan mobil Ibu dilengkapi dengan air bag.
- Bila menggunakan bis, ingat bahwa bis hanya memiliki kamar kecil dengan ukuran terbatas yang membatasi ruang gerak Ibu hamil. Sebaiknya Ibu tetap duduk saat bis berjalan dan menggunakan kamar kecil ketika bis melakukan perhentian.
- Kereta memiliki ruang lebih besar untuk Ibu bergerak, pastikan untuk berpegangan ketika menggunakan kamar kecil di kereta.
- Saat bepergian dengan mobil, pastikan untuk beristirahat dan keluar dari mobil maksimal 6 jam sekali. Di sini Ibu bisa merenggangkan kaki dengan berjalan sedikit.

Did you know?

”Secara garis besar, usia kehamilan yang paling aman untuk berpergian adalah di trimester kedua, selama Ibu tidak mengalami adanya komplikasi. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP
 

Mudik Jalur Udara di Masa Kehamilan 

 
Mudik dengan jalur udara umumnya aman, dengan konsultasi sebelumnya kepada dokter. Berikut adalah tips yang perlu Ibu perhatikan saat bepergian dengan pesawat.

 

- Maskapai penerbangan biasanya mengizinkan Ibu hamil untuk bepergian pada usia maksimal kehamilan maksimal 8 bulan.
- Makan sedikit namun sering selama di perjalananan.
- Hindari pesawat privat yang berukuran kecil
- Pilih posisi duduk di pinggir dekat jalan koridor pesawat untuk memudahkan Ibu berjalan di dalam pesawat.

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Mudik di Masa Kehamilan

 
- Pastikan Ibu membawa susu, camilan sehat, obat-obatan serta vitamin kehamilan.
- Simpan nomor telefon dokter Ibu untuk konsultasi saat terjadi gangguan dengan kehamilan Ibu saat mudik dan ketahui akses juga kontak dokter di daerah yang Ibu kunjungi.
- Ibu yang hamil anak kembar, Ibu hamil yang memiliki komplikasi, tekanan darah tinggi (Pre-eclampsia), plasenta previa, pernah melahirkan bayi prematur sebaiknya menghindari bepergian jauh di masa kehamilan.
- Selalu hidrasi tubuh Ibu dengan konsumsi cukup air mineral.
- Hindari minuman berkafein dan beralkohol saat bepergian di masa kehamilan.
- Hindari makan di restoran yang kotor.
comment-icon comment-icon