Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
minggu-ke-21_large
Kehamilan & Menyusui

Perkembangan Kehamilan Minggu Ke-21

15 Januari 2020

Pada minggu ke-21 masa kehamilan Ibu, sistem pendengaran janin sudah bekerja dengan baik. Saat ini, perut dan tubuh Ibu yang semakin besar dapat membuat kaki Ibu membengkak. Ketahui selengkapnya di sini.

Perkembangan Janin Ke-21

Bobot janin dalam kandungan Ibu sudah sekitar 11 ons dengan panjang 25 cm. Sistem pendengarannya sudah bekerja dengan baik, jadi cobalah mengajaknya bercakap-cakap atau menyanyi untuknya. 


Ginjalnya kini sudah bekerja dan mulai memproses kotorannya. Otak janin yang berkembang pesat membutuhkan asam lemak omega untuk terus tumbuh. Ibu bisa membantu pertumbuhannya dengan makan makanan seperti ikan atau sumber omega 3 lainnya.

Did you know?

”Omega 3 berfungsi untuk meningkatkan volume otak Ibu, mengoptimalkan fungsinya, dan mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh.“

Pahami Tubuh Ibu

Orang di lingkungan sekitar Ibu pasti tahu bahwa Ibu sedang hamil karena perut dan tubuh Ibu yang makin besar. Agar beban kaki tidak terlalu berat dan tidak bengkak, coba ikuti saran berikut ini:

  • Beristirahatlah setiap ada kesempatan. Rebahkan tubuh dan ganjal kaki dengan bantal agar posisinya lebih tinggi.
  • Putar-putar pergelangan kaki Ibu agar sirkulasi darah lancar.
  • Coba gunakan stoking jika kaki Ibu bengkak.
  • Lakukan gerakan dan berjalan secara teratur selama 15 menit di pagi dan siang hari.

Baca Juga: Stimulasi Kehamilan Minggu ke-20

Tahukah Ibu?

Bila Ibu mengonsumsi makanan tertentu, kemungkinan besar janin Ibu bisa merasakan makanan tersebut. Hal ini disebabkan karena rasa dari cairan amniotik berubah dari hari ke hari, tergantung pada apa yang Ibu konsumsi. Penelitian membuktikan bahwa janin dalam kandungan yang terbiasa dengan rasa tertentu dari cairan amniotik akan lebih semangat mengonsumsi makanan dengan rasa yang sama setelah lahir. Sebagai contoh, jika Ibu ingin bayi Ibu mengonsumsi brokolinya nanti, sebaiknya Ibu mulai mengonsumsi brokoli sekarang.

Baca Juga: Tumbuh Kembang Janin Minggu ke-22

comment-icon comment-icon