Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
minggu-ke-17_large
Kehamilan & Menyusui

Tumbuh Kembang Janin Minggu Ke-17

15 Januari 2020

Pada minggu ke-17 masa kehamilan Ibu, panjang janin sudah mencapai sekitar 12 cm. Saat ini, kulit Ibu mungkin mulai terasa gatal karena terjadi perenggangan. Ketahui selengkapnya di sini.

Perkembangan Janin Minggu ke-17

Perkembangan janin 17 minggu ini panjangnya sudah mencapai sekitar 12 cm. Ginjalnya mulai berfungsi dengan baik, sehingga dia sudah mulai buang air kecil beberapa kali sehari. Urinenya disaring kembali oleh tubuh Ibu melalui plasenta.

Did you know?

”Ibu bisa mencegah munculnya stretch mark di masa kehamilan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Pahami Tubuh Ibu

Kehamilan Ibu sudah mulai semakin terlihat dengan terus membesarnya perut Ibu. Kulit Ibu pun akan mulai terasa gatal karena semakin merenggang. Ibu sudah bisa mulai menggunakan pelembab untuk mengurangi kemungkinan timbulnyastretch mark. Perhatikan juga langkah Ibu karena seiring membesarnya perut, Ibu akan lebih mudah kehilangan keseimbangan.

Sembelit yang Ibu alami ketika usia kehamilan semakin besar memang merepotkan sekaligus menyakitkan. Tapi, makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur bisa membantu Ibu mengatasinya. Semangkuk sereal campur buah saat sarapan juga bisa jadi pilihan. Jangan lupa, banyak minum juga membantu Ibu menghindari sembelit.

Baca Juga: Perkembangan Janin Minggu ke-16

Tahukah Ibu?

Selain mempengaruhi gairah Ibu, usia kehamilan 17 minggu dapat mengubah hormon dan juga membuat jaringan-jaringan dalam tubuh melembut, termasuk gusi. Sesuaikan kondisi ini dengan memilih sikat gigi yang lembut.

Jika gusi Ibu mulai membengkak dan berdarah, segera konsultasikan ke dokter.

comment-icon comment-icon