Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
5-gejala-umum-kehamilan-trimester-pertama-dan-cara-mengatasinya
Kehamilan & Menyusui

5 Gejala Umum Kehamilan Trimester Pertama dan Cara Mengatasinya

10 Februari 2020

Selamat Ibu sudah dinyatakan hamil oleh dokter. Kini saatnya Ibu meneruskan gaya hidup sehat yang sudah Ibu jalani sejak masa persiapan kehamilan. Apabila Ibu mengalami gejala kehamilan yang sebelumnya tidak Ibu duga, jangan panik,  tetaplah berpikiran positif kehamilan Ibu akan berjalan lancar. Berikut beberapa gejala kehamilan yang mungkin Ibu alami pada trimester pertama.

Baca Juga: Perkembangan Janin pada Trimester Pertama

1. Mual dan muntah

Gejala kehamilan ini biasa dikenal dengan morning sickness. Mual dan muntah yang disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan biasanya terjadi pada pagi hari. Namun, tidak sedikit Ibu yang mengalami gejala mual dan muntah sepanjang hari. Untuk mengatasi gejala ini, Ibu perlu memperhatikan pola makan Ibu. Cobalah Makan dengan porsi sedikit, tetapi dengan intensitas yang sering. Cara ini bisa meminimalisir rasa mual dan mengurangi muntah. Selain itu, pastikan Ibu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, seperti hati dan daging.

2. Konstipasi

Susah buang air besar atau konstipasi adalah salah satu gejala kehamilan yang juga disebabkan oleh perubahan hormon sehingga pergerakan pencernaan Ibu menjadi lebih lambat. Gejala ini juga bisa diatasi dengan perkaya asupan serat dari buah-buahan, sayuran hijau dan kacang-kacangan. Pastikan Ibu minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

3. Sakit kepala

Gejala kehamilan seperti sakit kepala juga disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan. Tekanan darah Ibu mungkin bisa berubah seketika sehingga menyebabkan sakit kepala. Atasi dengan istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan nutrisi penting, seperti asam folat, vitamin D, zat besi (iron) dan kalsium.

4. Rasa panas dalam perut

Perubahan ukuran perut Ibu menyebabkan timbulnya sensasi terbakar di tenggorokan dan dada. Pada masa ini perubahan hormon juga bisa mengakibatkan naiknya asam lambung sehingga Ibu merasakan perih di bagian lambung atau sakit perut seperti diare. Atasi gejala ini dengan makan porsi sedikit, tetapi sering. Hindari makanan pedas dan minuman berkarbonasi yang dapat memicu panas dalam perut.

5. Ngidam

Gejala kehamilan ini mungkin tidak asing lagi untuk Ibu. Namun, Ibu perlu bijak dalam memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi. Tidak sedikit Ibu yang menuruti ngidam karena takut si Kecil kelak akan sering meneteskan air liur. Sebenarnya hal tersebut hanyalah mitos dan sebaiknya Ibu terus berpikiran positif. Apabila Ibu sudah mendapatkan makanan yang Ibu inginkan, pastikan makanan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan dan tidak langsung tidur sekitar 2 jam setelah makan.

Baca Juga: 12 Masalah Umum Kehamilan dan Cara Mengatasinya

comment-icon comment-icon