Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
komposisi-asi_large
Kehamilan & Menyusui

Komposisi ASI untuk Tumbuh Kembang Bayi

15 Januari 2020

Ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam ASI, komposisi di dalam ASI ini penting tidak hanya bagi perkembangan daya tahan tubuhnya, tapi juga untuk perkembangan otaknya.

Kandungan ASI untuk Tumbuh Kembang Otak Anak Bayi

Kandungan ASI nyaris tak tertandingi. ASI mengandung nutrisi yang secara khusus diperlukan untuk menunjang proses tumbuh kembang otak dan memperkuat daya tahan alami tubuhnya. Berikut adalah beberapa kandungan utama dalam ASI, antara lain:

1. Laktosa

Laktosa merupakan jenis karbohidrat utama yang merukapan kandungan ASI. Laktosa berperan penting sebagai sumber energi. Selain itu laktosa juga akan diolah menjadi glukosa dan galaktosa yang berperan dalam perkembangan sistem saraf. Komposisi ASI ini membantu penyerapan kalsium dan magnesium di masa pertumbuhan bayi.

Did you know?

”Ada berbagai keajaiban yang dimiliki ASI, contohnya adalah protein yang terkandung dalam ASI merupakan spesifik spesies sehingga jarang menyebabkan alergi bagi manusia. Ketahui selengkapnya di sini.“

2. Lemak

Lemak merupakan zat gizi terbesar kedua yang terkandung di ASI dan menjadi sumber energi utama si Kecil. Lemak juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh si Kecil.

Lemak yang merupakan komposisi ASI mengandung komponen asam lemak esensial yaitu: asam linoleat dan asam alda linolenat yang akan diolah oleh tubuh si Kecil menjadi AA dan DHA. AA dan DHA sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

3. Oligosakarida

Oligosakarida merupakan komponen bioaktif di ASI yang berfungsi sebagai prebiotik karena terbukti meningkatkan jumlah bakteri yang menguntungkan yang secara alami hidup dalam sistem pencernaan bayi.

4. Protein

Komponen dasar dari protein adalah asam amino yang berfungsi sebagai pembentuk struktur otak. Beberapa jenis asam amino tertentu, yaitu taurin, triptofan, dan fenilalanin merupakan senyawa yang berperan dalam mengoptimalkan daya ingat.

Komposisi zat utama dalam ASI

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh United Nations University yang bertajuk "Constituents of human milk" berikut adalah kadar komposisi zat utama di dalam ASI.

1. Laktosa- 7gr/100ml.
2. Lemak- 3,7-4,8gr/100ml.
3. Oligosakarida- 10-12 gr/ltr.
4. Protein- 0,8-1,0gr/100ml.

comment-icon comment-icon