Keistimewaan Bayi Prematur yang Perlu Mama Ketahui - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

Keistimewaan Bayi Prematur yang Perlu Mama Ketahui

Article By : Achmad Firdaus

Reviewer : dr. Marianti

Banyak orang berpikir bahwa bayi prematur adalah bayi yang lemah dan sakit. Tak jarang juga bayi prematur dianggap yang memiliki berbagai keterbatasan. Padahal, ada beberapa keistimewaan bayi prematur yang mungkin tidak banyak diketahui orang.

Memiliki bayi prematur tidak seharusnya membuat Mama berkecil hati. Walaupun banyak kekhawatiran yang mungkin Mama rasakan, tapi percayalah bahwa bayi prematur tetap bisa tumbuh optimal jika mendapatkan perawatan yang benar.

Kenali Keistimewaan Bayi Prematur

Sebagian besar bayi prematur memang mengalami masalah kesehatan dan keterlambatan pertumbuhan. Namun, di balik hal-hal tersebut, bayi prematur tetap memiliki keistimewaan. Berikut adalah beberapa keistimewaan bayi prematur yang perlu Mama ketahui:

Tetap mampu tumbuh dengan sehat

Setiap bayi pada dasarnya istimewa, termasuk bayi prematur. Bayi prematur istimewa karena meskipun memiliki usia yang lebih muda daripada bayi yang lahir cukup bulan, ia dapat mengejar ketertinggalannya.

Jika dirawat dengan baik, bayi prematur tetap bisa tumbuh dengan sehat. Bahkan, pertumbuhan dan perkembangan yang diperkirakan terlambat bisa dikejar seiring pertambahan usianya.

Lebih dekat dengan orang tua

Bayi prematur memerlukan perawatan yang lebih telaten. Itulah sebabnya, bayi prematur umumnya lebih dekat dengan orang tuanya. Apalagi jika Mama atau Papa melakukan metode skin-to-skin atau metode kanguru dengan Si Kecil secara rutin.

Menurut penelitian, metode ini akan mempererat ikatan batin antara orang tua dengan bayinya. Ikatan batin yang terjalin sejak dini akan menambah keistimewaan Si Kecil bagi Mama, kan?

Dapat berprestasi di sekolah

Satu lagi keistimewaan bayi prematur adalah meskipun dilahirkan sebelum ia siap untuk lahir dan mengalami keterlambatan di awal masa perkembangannya, bayi prematur tetap bisa memiliki nilai yang baik dan berprestasi di sekolah.

Studi dari Northwestern University and Northwestern Medicine mengungkapkan bahwa sejumlah anak yang lahir prematur memiliki kemampuan belajar yang sangat baik dan prestasi gemilang di sekolah, melebihi anak-anak yang lahir cukup bulan.

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi Prematur

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan berbagai keistimewaan bayi prematur, tentunya diperlukan perawatan yang baik.

Bayi prematur yang memiliki gangguan kesehatan dan membutuhkan penanangan khusus, bisanya akan dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Di ruangan ini, bayi prematur akan mendapatkan perawatan intensif dan pemantauan yang ketat.

Jika kondisinya sudah stabil, bayi prematur akan diperbolehkan pulang ke rumah. Nah, inilah saatnya Mama dan Papa melanjutkan perawatan bayi prematur di rumah.

Agar kondisi Si Kecil tetap stabil dan tumbuh kembangnya berjalan optimal, Lakukanlah beberapa hal penting berikut ini:

  • Susui Si Kecil secara teratur, setidaknya 8-10 kali sehari.

  • Pastikan posisi tidurnya benar. Sampai usia 1 tahun, bayi disarankan untuk tidur telentang, tidak miring atau tengkurap. Hal ini guna mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

  • Jaga kebersihan ruang tidur dan bermain Si Kecil. Jika memungkinkan, batasi sementara interaksi Si Kecil dengan orang luar untuk mencegah penularan penyakit infeksi.

  • Luangkan banyak waktu bersama Si Kecil dengan mengajaknya bicara atau menyanyikannya lagu untuk mempererat ikatan emosional, sekaligus memberikan stimulasi kepadanya.

  • Periksakan Si Kecil secara berkala ke dokter spesialis anak . Hal ini agar kondisi kesehatan dan tumbuh kembangnya terpantau. Jangan lupa juga untuk melengkapi imunisasinya sesuai jadwal.

  • Terapkan metode perawatan kantong kanguru atau skin to skin. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan metode ini secara rutin. Selain bisa membuat bayi prematur menyusu lebih banyak, tidur lebih nyenyak, dan tumbuh lebih cepat, metode ini juga dapat menjaga kestabilan sistem pernapasan dan jantung Si Kecil, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Jadi, Mama tidak perlu terlalu khawatir lagi dengan kondisi Si Kecil yang terlahir prematur. Sekali lagi, dengan perawatan yang baik dan penuh kasih sayang, serta pemberian nutrisi yang tepat, bayi prematur bisa menjadi kebanggaan orang tua dan memiliki beragam keistimewaan.

Referensi:

Hoffenkamp, et al. (2012). The Impact of Premature Childbirth on Parental Bonding.

The Journal of Evolutionary Psychology. 10 (3), pp. 542-61.

Samuelson, K. Northwestern University (2017). How Do Preemies Perform in School? Family Doctor (2017). Caring for Your Premature Baby.

Mayo Clinic (2017). Premature Birth.

Mayo Clinic (2017). Premature Baby? Understand Your Preemie's Special Needs.

Raising Children (2019). After Premature Birth: Your Feelings.

Raising Children (2019). Premature Baby Development Concerns.