Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Minggu Ke-8: Tumbuh Kembang Janin

Stimulasi

Minggu Ke-8: Tumbuh Kembang Janin


Pada minggu ke-8 masa kehamilan Mama, sidik jari janin yang unik mulai terbentuk. Saat ini, perubahan hormon dan fisik sering kali menimbulkan beberapa keluhan pada Mama. Ketahui selengkapnya di sini.

Perkembangan Janin

Di usia minggu ke-8 ini, janin Mama disebut fetus, artinya dalam bahasa latin adalah si kecil atau keturunan. Panjangnya sekitar 16 mm. Mata, mulut dan hidung sudah terbentuk, akar gigi sulung, tulang-tulang sendi dan sel tulang juga sudah menggantikan tulang rawannya. Semua organ tubuh mulai terbentuk, bahkan sidik jarinya yang unik.

Did you know?

”Pada masa awal kehamilan, tubuh Mama akan mengeluarkan hormon yang melonggarkan jaringan di tulang panggul. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Pahami Tubuh Mama

Mual dan muntah atau dikenal juga sebagai morning sickness masih akan Mama rasakan. Rasa ini bisa muncul kapan saja, namun biasanya di pagi hari. Jangan takut, memasuki minggu ke-14 biasanya rasa mual ini berangsur hilang dan Mama merasa lebih nyaman. 

Selain itu, Mama juga akan lebih sering buang air kecil, tubuh jadi cepat lelah, dan sulit tidur. 

Namun, bila rasa mual ini berlangsung lebih lama, coba tips berikut ini:

  • Makan kue kering atau biskuit sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari.
  • Makan sedikit tapi sering agar perut Mama selalu terisi.
  • Walaupun Mama mendadak tidak tahan terhadap bau-bauan makanan atau minuman tertentu, tetaplah minum banyak cairan seperti jus buah.
  • Minum secangkir air jahe hangat terbukti manjur menghilangkan rasa mual.

Tahukah Mama?

Perubahan hormon dan perubahan fisik selama kehamilan usia minggu ke-8, seringkali menimbulkan beberapa keluhan seperti timbulnya ruam kulit. Jadi, sesuaikan ukuran baju, pakaian dalam, celana juga sepatu. Kenakan baju dan celana longgar dari bahan katun yang menyerap keringat untuk menghindari ruam kulit. Perhatikan juga dalam memilih sabun mandi. Gunakan yang aman dan cocok untuk kondisi kulit Mama selama kehamilan. Konsultasikan pada dokter sebelum menjalani perawatan apapun. Selain itu, lakukan olahraga secara rutin selama hamil. Bila sebelum hamil, Mama sudah aktif melakukan olahraga, kemungkinan besar dapat melanjutkan aktivitas yang biasa dilakukan asalkan dengan izin dari dokter. Sebagai rekomendasi untuk Mama yang tidak biasa olahraga sebelumnya, bisa membiasakan diri untuk rutin berjalan sebagai latihan tubuh.

Saat Berkonsultasi ke Dokter Kandungan

Saat janji temu dengan Obgyn, Mama perlu sampaikan kekhawatiran, riwayat kesehatan, dokter juga akan mengambil darah untuk memeriksa kadar hormon, melakukan pemeriksaan panggul, USG dini juga bisa dilakukan untuk melakukan pengukuran pertumbuhan dan mengetahui detak jantung bayi serta mengetahui kapan hari perkiraan lahirnya. 

Sekadar tips, sebelum Mama berkonsultasi, sebaiknya buatlah daftar pertanyaan. Tidak perlu merasa tidak enak, berikut beberapa pertanyaan yang bisa Mama ajukan:2

  • Apa yang harus dilakukan jika ada sesuatu yang salah dengan tubuh atau janin saya?
  • Apakah ada aktivitas atau makanan yang perlu dihindari?
  • Apakah kehamilan ini memiliki risiko tinggi?
  • Apakah aman jika saya mengonsumsi suplemen atau obat yang biasa saya konsumsi?
  • Jenis olahraga apa yang aman saya lakukan selama kehamilan?
  • Apakah ada tes apa yang perlu saya pertimbangkan selama kehamilan?

Hamil minggu ke-8 masih masuk dalam fase awal kehamilan. Meski proses sampai Si Kecil lahir ke dunia masih panjang, tapi nikmati saja hal-hal yang terjadi dalam tubuh Mama ya.

Bukan hanya harus rutin ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan kandungan dan tubuh Mama, perlu juga untuk setiap hari mengonsumsi makanan bergizi seperti buah, sayur, daging, ikan, dan kacang-kacangan, jangan lewatkan untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari ya Ma.

Lalu, pastikan untuk mengonsumsi susu khusus awal kehamilan seperti Lactamil Inisis. Apa saja yang akan Mama dapatkan dari mengonsumsi susu Lactamil Inisis? Beberapa di antaranya yaitu asam folat (vitamin B9), sumber protein, DHA, omega 6, zat besi, kalsium, vitamin E, C, dan D3. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat penting untuk mendukung daya tahan Mama dan bayi dalam kandungan.

 

Agar manfaatnya maksimal, pastikan minum Lactamil Inisis setiap hari dua kali sehari, ya Ma!

comment-icon comment-icon