Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

7 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil di Sini!

Nutrisi

7 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil di Sini!


Sebagai Mama yang sedang hamil, terdapat berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari. Mulai dari aktivitas, pola hidup, hingga makanan dan minuman. Susu merupakan salah satu hal yang penting untuk Mama yang sedang hamil. Tetapi untuk Mama yang intoleransi terhadap laktosa, menjadi tidak dapat minum susu atau produk susu lainnya.1 Salah satu pengganti susu yang dapat dikonsumsi untuk Mama yang intoleransi terhadap susu adalah susu kedelai. Susu kedelai penuh dengan berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, khususnya untuk Mama yang sedang hamil.1 Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai manfaat susu kedelai untuk Mama yang hamil.

Kacang kedelai merupakan suatu tumbuhan polong (Legume) dan merupakan sumber protein nabati yang rendah lemak jenuh dan tinggi dengan serat.2 Terdapat berbagai macam bentuk dari kacang kedelai yang dapat Mama jumpai sehari-hari seperti edamame, tahu, tempe, daging vegetarian, pasta miso, kecap, dan tentunya susu kedelai. Susu kedelai dibuat dengan cara merendam, mencampur, dan menyaring kacang kedelai dan air. Susu dapat dijumpai dalam kemasan tidak ditambahkan pemanis, ditambahkan pemanis, ditambahkan perasa (contohnya coklat), atau difortifikasi. Bentuk lain dari susu kedelai dapat berupa krimer dan yogurt atau keju.

7 Manfaat susu kedelai untuk Mama yang sedang hamil:

1. Tinggi dalam nutrisi

Susu kedelai tinggi dalam protein, serat, asam folat, vitamin B1, dan vitamin E. Seluruh nutrisi ini membantu untuk perkembangan dari bayi Mama, terutama pertumbuhan sel saraf.

2. Asupan energi tambahan

Saat hamil Mama akan membutuhkan energi yang lebih sehingga sering merasakan lelah. Riboflavin, karbohidrat, dan lemak nabati dalam susu kedelai dapat memberikan energi tambahan bagi Mama.

3. Tulang yang kuat

Para pakar kesehatan menyarankan Mama yang sedang hamil untuk meningkatkan asupan kalsium dalam diet harian Mama. Untuk si Kecil juga memerlukan banyak kalsium untuk pertumbuhan tulang dan massa otot. Susu kedelai tinggi akan kalsium, sehingga cocok untuk menjadi asupan untuk Mama.

4. Menyeimbangkan mood

Perubahan mood Mama saat hamil sulit untuk dihindari, karena adanya fluktuasi tingkat hormon dalam tubuh Mama. Meminum susu kedelai dapat menetralkan mood Mama karena terdapat vitamin B kompleks dan magnesium yang bekerja untuk membantu tubuh mengeluarkan hormon serotonin yang bekerja sebagai anti depresan untuk pikiran Mama.

5. Kulit lebih cerah

Saat Mama hamil, kulit Mama dapat menggelap. Proses ini dinamakan hiperpigmentasi pada kulit. Meminum susu kedelai dapat menjadi remedi natural untuk melawan masalah ini pada masa kehamilan Mama.

6. Pertumbuhan rambut yang sehat

Untuk beberapa Mama yang sedang hamil dapat mengalami kondisi rambut rontok. Susu kedelai bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih halus dan berkilau.

7. Sumber protein nabati

Untuk Mama yang sedang hamil, asupan protein yang cukup perlu dicapai. Direkomendasikan untuk mendapatkan setidaknya 60 gram protein setiap harinya. Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang baik dan merupakan asupan yang sangat berguna untuk Mama yang vegetarian untuk meningkatkan asupan protein mereka saat hamil.

Dapat dilihat bahwa manfaat susu kedelai bagi Mama yang sedang hamil sangat banyak. Ini dikarenakan susu kedelai memiliki banyak nutrisi, tinggi kalsium dan serat.1,2 Namun perlu diingat bahwa sesuatu yang terlalu banyak tentu tidak baik. Dalam kacang kedelai terdapat asam fitat yang berfungsi untuk mencegah penyerapan seperti merkuri, timah, kadmium, dan uranium. Hal tersebut tentu bersifat melindungi, namun asam fitat juga dapat menurunkan penyerapan beberapa mineral baik untuk Mama dan si Kecil.3 Terdapat juga sebuah peneilitan pada hewan mengenai asupan kacang kedelai dapat menyebabkan pubertas dini, siklus menstruasi tidak teratur, dan gangguan fertilitas pada perempuan juga kelainan pembentukan kelamin pada anak laki-laki. Namun penelitian tersebut belum dapat membuktikan kejadian yang sama dapat terjadi pada manusia.2,3 Selain itu karena setiap Mama unik dan berbeda, mungkin Mama dapat memiliki alergi terhadap susu kedelai sehingga hal seperti itu perlu diperhatikan.

Mama dapat mengkonsumsi susu kedelai dalam kuantitas yang cukup tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping tersebut menurut American College of Obstetricians and Gynecologyst dan U.S. Soybean Export Council.2 Jumlah yang sudah cukup untuk 1 hari adalah 1 gelas susu kedelai untuk Mama. Meski susu kedelai memiliki banyak manfaat untuk Mama, jangan lupa untuk tetap menyeimbangkan diet Mama sehari-hari. Pastikan Mama untuk mengkonsumsi buah segar, sayur-sayuran, gandum-gandum, protein, dan juga minum air secukupnya. Apabila Mama memiliki keraguan dalam diet mama termasuk hal mengenai susu kedelai, jangan malu untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. 

  1. Soy Milk During Pregnancy: Benefits and Risks. Accessed October 11, 2021. https://sg.style.yahoo.com/soy-milk-during-pregnancy-benefits-183534588.html
  2. Soy in Pregnancy: Safety, Benefits, and What to Avoid. Healthline. Published March 30, 2021. Accessed October 11, 2021. https://www.healthline.com/health/pregnancy/soy-pregnancy
  3. Paturel BA. Is Soy Safe for Your Pregnancy? Parents. Accessed October 11, 2021. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/is-soy-safe-during-pregnancy/
  4. Pregnancy Diet And Nutrition Frequently Aasked Questions. MommaBe. Published March 20, 2019. Accessed October 14, 2021. https://mommabe.com/pregnancy-diet-faqs/
comment-icon comment-icon