Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

7 Tips Memilih Susu Hamil yang Bagus dan Enak Kaya Nutrisi

Nutrisi

7 Tips Memilih Susu Hamil yang Bagus dan Enak Kaya Nutrisi


Mama harus tahu kebutuhan nutrisi pada ibu hamil berbeda dari kondisi wanita yang tidak hamil. Ada beberapa nutrisi yang lebih banyak dibutuhkan selama kehamilan, untuk menunjang pertumbuhan janin dan kesehatan ibu. Yuk, Ma, simak mengenai susu ibu hamil, serta tips memilih susu ibu hamil yang bagus dan enak di bawah ini.

Kebutuhan Nutrisi saat Hamil

Sebelumnya Mama harus mengetahui kebutuhan nutrisi selama hamil.

1. Zat besi

Zat besi merupakan nutrisi yang penting untuk pembentukan sel darah janin dan mencegah perdarahan ibu pada saat bersalin. Wanita usia 19-50 tahun yang tidak hamil memerlukan zat besi 18 mg per hari, sementara wanita hamil memerlukan zat besi 27 mg per hari. Zat besi mudah didapatkan dari daging merah dan hati ayam, akan tetapi wanita hamil sering kekurangan zat besi karena penggunaan zat besi melebihi asupan makanan dan melebihi cadangan zat besi di tubuh. Oleh karena itu, wanita hamil memerlukan suplemen tambahan zat besi untuk memenuhi kebutuhannya.1,2

2. Kalsium

Susu hamil enak umumnya mengandung kalsium membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Wanita usia produktif dan dalam masa kehamilan memerlukan 1.000 mg-1.300 mg kalsium per hari. Kalsium mudah ditemukan di susu yang sudah difortifikasi.1

3. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu tipe vitamin B yang mencegah gangguan pembentukan tabung saraf pada janin, seperti penyakit spina bifida dan anensefali. Kelainan pada pembentukan tabung saraf akan berakibat fatal. Pada wanita yang tidak hamil, direkomendasikan untuk mengonsumsi asam folat sebesar 400 mcg per hari, yang bisa didapat dari sayuran hijau. Sementara itu, ibu hamil memerlukan sekitar 400-800 mcg asam folat per hari, yang bisa didapat dari suplemen tambahan.1

4. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium di usus dan pembentukan serta mineralisasi tulang. Defisiensi vitamin D sering terjadi pada usia kehamilan, terutama pada orang-orang yang jarang terekspos sinar matahari, sering menggunakan pakaian yang tertutup, atau berkulit gelap. Padahal, kadar vitamin D pada bayi yang baru lahir sangat bergantung dengan kadar vitamin D ibu. Oleh karena itu, bayi-bayi yang lahir dari ibu dengan defisiensi vitamin D akan lahir dengan gangguan pertumbuhan dan mineralisasi tulang (riketsia kongenital, fraktur tulang pada neonatus). Ibu hamil dan menyusui boleh mengonsumsi maksimal 4.000 IU vitamin D per hari. Kadar serum vitamin D (25-OH-D) yang baik ialah minimal 20 ng/mL (50 nmol/L) untuk mencegah kelainan tulang.3

5. Vitamin B12

Vitamin B12 esensial untuk perkembangan sistem saraf. Pada wanita yang tidak hamil, diperlukan vitamin B12 sebanyak 2,4 mcg per hari, sementara wanita hamil memerlukan 2,6 mcg per hari dan 2,8 mcg per hari bagi ibu menyusui.1

6. Choline

Susu hamil enak mengandung choline yang rendah akan memicu tingginya risiko gangguan pembentukan tabung saraf pada janin. Choline mudah didapat dari telur, susu, hati ayam, dan kacang-kacangan.1

7. Omega-3

Asam lemak esensial, yakni EPA dan DHA, berperan penting dalam perkembangan otak dan sel saraf. DHA mencegah kelahiran prematur.1

Perbedaan Susu Biasa dan Susu Mama Hamil

Satu gelas susu biasa (250 ml) mengandung:

  • Kalori: 122
  • Lemak: 4,6 gram
  • Sodium: 4,6 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Gula: 12 gram
  • Protein: 8 gram
  • Kalsium: 307 mg

Bila dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil, banyak sekali zat gizi yang esensial tetapi tidak tersedia pada susu biasa, seperti zat besi, kalsium yang kurang tinggi, asam folat, dan vitamin B12. Oleh karena itu, dibutuhkan susu khusus ibu hamil yang sudah difortifikasi untuk memenuhi kebutuhan Mama.

Tips Memilih Susu Ibu Hamil yang Bagus dan Enak

Berikut ini beberapa hal yang perlu Mama ketahui mengenai susu ibu hamil yang bagus dan enak.

1. Susu yang terpasteurisasi

Pasteurisasi adalah proses di mana susu dipanaskan pada suhu tinggi untuk menghancurkan patogen (kuman jahat) dan enzim perusak susu saat disimpan. Setiap kali Mama memilih susu murni, Mama harus memastikan bahwa itu dipasteurisasi untuk mencegah kemungkinan penyakit serius. Jika Mama suka minum susu dingin, pastikan susu tersebut dipasteurisasi sebelum Mama meminumnya.5

2. Rendah lemak, tinggi kalsium

Satu gelas susu (250 ml) mengandung 309 mg kalsium. Sementara Mama memerlukan 1.300 mg kalsium per harinya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, maka Mama disarankan untuk mengonsumsi 3-4 gelas susu per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang menunjang pertumbuhan janin. Penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi satu gelas susu atau kurang per harinya akan melahirkan bayi dengan ukuran yang lebih kecil dibanding ibu hamil yang mengonsumsi 3-4 gelas susu per hari. Susu tanpa lemak atau rendah lemak adalah pilihan yang lebih sehat untuk ibu hamil daripada susu murni/full cream, yang mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi.6

3. Kandungan protein yang mencukupi

Selama kehamilan, susu Ibu hamil yang bagus dan enak memiliki asupan protein yang optimal membantu mendukung pertumbuhan bayi dan sel-selnya berkembang biak dengan cepat. Protein mungkin bisa membantu memperkuat rahim, meningkatkan suplai darah, dan menyehatkan bayi. Asupan protein yang tidak mencukupi dapat meningkatkan risiko bayi dengan berat badan lahir rendah. Kebutuhan protein harian Mama adalah 1,1g/kg berat badan/hari (50 gram-70 gram per hari). Satu gelas susu memberikan 8-9 g protein. Oleh karena itu, mengonsumsi tiga gelas susu rendah lemak dapat membantu Mama memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan protein Mama per hari.6

4. Kandungan vitamin D yang cukup

Asupan vitamin D selama kehamilan dapat membantu mencegah riketsia neonatal dan berat badan lahir rendah. Kebutuhan harian vitamin D adalah 400 IU, dan satu gelas susu dapat memberikan 115 hingga 124 IU. Oleh karena itu, mengonsumsi tiga porsi susu dapat membantu Mama memenuhi 59% kebutuhan vitamin ini.6

5. Konsumsi susu dengan rasa yang disukai

Wanita hamil sering mengalami dysgeusia, perubahan pengecapan karena perubahan hormon kehamilan. Oleh karena itu, beberapa makanan/minuman akan dirasa berbeda dan selera makan/minum Mama akan berubah juga.7 Ada beberapa rasa minuman yang mungkin disukai sebelum kehamilan tapi menjadi tidak disukai selama kehamilan karena perubahan rasa tersebut. Mama sebaiknya memilih susu dan suplemen dengan rasa yang disukai dan dapat diterima, serta tidak terlalu memaksakan mengonsumsi makanan tertentu yang dirasa kurang enak.

Demikianlah informasi seputar susu ibu hamil yang bagus dan enak. Pastikan Mama memilih susu hamil enak anti mual, ya!

Mama yang sedang menyusui perlu memastikan jika asupan makanan dan minuman tetap harus bernutrisi. Salah satu asupan yang Mama bisa konsumsi yaitu susu seperti Lactamil Lactasis. Di dalamnya ada berbagai nutrisi penting baik makro maupun mikro seperti sumber protein,  karbohidrat, lemak, dan DHA, omega 6, asam folat (vitamin B9), vitamin A, C, D3, E, sumber protein, kalsium, dan zat besi.

  1. Jaret P. Nutrition from women at every age [Internet]. New York: WebMD LLC; 2010[updated 2010 Dec 07; cited 2021 Aug 07]. Available from: https://www.webmd.com/women/features/women-nutrition#1
  2. Mayo Clinic. Pregnancy week by week [Internet]. Minnesota: Mayo Clinic; 2019 [updated 2019 Oct 25; cited 2021 Aug 07]. Available from:  https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455
  3. The American College of Obstetricians and Gynecologists. Vitamin D screening and supplementation during pregnancy [Internet]. Florida: The American College of Obstetricians and Gynecologists; 2011 [updated July 2011; cited 2021 Aug 07]. Available from: https://www.acog.org/clinical/clinical-guidance/committee-opinion/articles/2011/07/vitamin-d-screening-and-supplementation-during-pregnancy
  4. Frey M. Milk Nutrition Facts and Health Benefits [Internet]. New York: Very Well Fit; 2021 [updated 2021 May 22; cited 2021 Aug 07]. Available from: http://www.verywellfit.com/milk-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4117877
  5. Sonpal R. Consuming milk during pregnancy: is it good for you [Internet]: First Cry; 2017 [updated 2017 Nov 24; cited 2021 Aug 07]. Available from: https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-milk-during-pregnancy-is-it-good-for-you/
  6. Malachi R. Milk during pregnancy : Which type is best for you and why [Internet]. Hyderabad: Momjunction; 2021 [updated 2021 June 08; cited 2021 Aug 07]. Available from: https://www.momjunction.com/articles/types-milk-can-consumed-pregnancy_0076537/
  7. Horsager-Boehrer R. 5 weird pregnancy symptoms you might not know about [Internet]. Dallas: UT Southwestern Medical Center; 2016 [ updated 2016 Sep 06; cited 2021 Aug 07]. Available from: https://utswmed.org/medblog/weird-pregnancy-symptoms/

 

comment-iconcomment-icon