Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Sumber Kalsium untuk Ibu Hamil dan Jumlah yang Harus Dikonsumsi

Nutrisi

Sumber Kalsium untuk Ibu Hamil dan Jumlah yang Harus Dikonsumsi


Kebutuhan zat gizi harian untuk ibu mengalami peningkatan selama hamil, termasuk kebutuhan mineral kalsium. Mineral kalsium secara khusus berperan penting selama masa hamil dan juga bayi di kandungan. Artikel ini akan mengulas manfaat kalsium dan sumber kalsium untuk ibu hamil. Yuk Ma, kita ketahui bersama!

Apa Itu Kalsium untuk Ibu Hamil?

Melalui tulisan ini, Mama dapat mengetahui mengapa kalsium penting untuk ibu hamil, berapa banyak kebutuhan asupan mineral kalsium per harinya bagi para wanita dalam berbagai usia (baik dalam kondisi sedang hamil, maupun tidak sedang mengandung). Berikut juga akan dijelaskan tentang manfaat asupan mineral kalsium dalam proses persalinan bagi ibu yang bersalin dan juga bagi bayi/anak yang dilahirkan. Selain itu, juga akan diulas dari mana saja sumber kalsium untuk ibu hamil yang dapat diperoleh dari asupan makanan sehari-hari.

Mengapa Kalsium Penting untuk Ibu Hamil?

Mengonsumsi makanan bergizi adalah salah satu hal terbaik yang dapat Mama lakukan saat masa kehamilan. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai gizi seimbang yang dapat mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan Mama dan mempertahankan pertambahan berat badan yang ideal. Salah satu mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Mengapa kalsium penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya adalah karena kalsium merupakan mineral yang memiliki banyak manfaat dan salah satu fungsi utamanya adalah membentuk organ tulang dan gigi pada pertumbuhan janin.2

Berapa Banyak Kebutuhan Asupan Mineral Kalsium per Harinya?

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Repulik Indonesia, kebutuhan kalsium pada ibu hamil per harinya adalah sebagai berikut: 

Tab. 1  Kebutuhan Kalsium Perempuan Menurut Usia dan Kehamilan1

Manfaat Asupan Mineral Kalsium dalam Proses Persalinan

World Health Organization (WHO) menyebutkan dalam penelitian tentang “apakah ada hubungan antara konsumsi kalsium pada ibu hamil selama masa kehamilan dan kontribusi status kesehatan terhadap ibu dan anak pada saat persalinan?”, bahwa pemberian kalsium sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh ibu hamil secara teratur sepanjang proses kehamilannya menurunkan risiko preeklampsia dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil.4

Selain itu, pada penelitian yang sama, dilakukan analisis sub-grup yang menunjukkan bahwa jumlah persalinan prematur lebih sedikit pada ibu hamil yang mendapat asupan suplemen kalsium sesuai dengan dosis anjuran dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan  suplementasi mineral kalsium. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa suplementasi mineral kalsium pada ibu hamil, memberikan kontribusi kesehatan yang nyata dalam proses persalinan, baik untuk ibu maupun untuk anak.

Sumber Kalsium untuk Ibu Hamil

Selain dari produk tablet suplemen mineral, kalsium juga dapat diperoleh dari makanan. Berikut adalah beberapa sumber kalsium untuk ibu hamil:

Tab. 2  Bahan Makanan Sumber Mineral Kalsium1

Catatan: pastikan sayur dan makanan dicuci bersih. Hindari makanan mentah, daging yang tidak matang, ikan yang terkontaminasi. Pastikan Mama mengonsumsi susu dan olahan produk susu sapi yang terpasteurisasi.

Cara Menghitung Jumlah Asupan Kalsium yang Diperlukan oleh Perempuan

Setelah mengetahui ulasan di atas, ada baiknya Mama mengetahui bagaimana cara menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh kasus untuk berlatih menghitung kebutuhan kalsium yang diperlukan dalam satu hari bagi tiap-tiap anggota keluarga.

Contoh pertanyaan kasus :

  1. Seorang Mama memiliki seorang anak perempuan yang tengah beranjak remaja, usianya 12 tahun, berapa kebutuhan kalsium per harinya?
  2. Adik perempuan Mama sedang mengandung usia 4 bulan kehamilan, usianya 24 tahun, berapa kebutuhan kalsium per harinya?
  3. Ibunya Mama, saat ini sudah memasuki masa pensiun kerja di usia 60 tahun, berapakah kebutuhan kalsium per harinya?

Jawab:

  1. Anak perempuan usia 12 tahun, kebutuhan kalsium per hari: 1.200 mg.
  2. Wanita usia 24 tahun + kehamilan trimester II, kebutuhan kalsium per hari: 1.000 mg + 200 mg = 1.200 mg.
  3. Lansia wanita usia 60 tahun, kebutuhan kalsium per hari: 1.200 mg.

Contoh perhitungan kebutuhan kalsium di atas diharapkan dapat memudahkan Mama dalam memperhitungkan kebutuhan kalsium keluarga.

Demikianlah informasi mengenai pentingnya kalsium dan sumber kalsium untuk ibu hamil. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat baik kepada Mama dan keluarga. Salam sehat selalu, Mama!

  1. American Pregnancy Association. Calcium in pregnancy [Internet]. Irving: American Pregnancy Association; 2021 [updated 2021; cited 2021 Aug 4]. Available from : https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/calcium-in-pregnancy/
  2. American College of Obstetricians and Gynecologists. Nutrition during pregnancy [Internet]. Washington: American College of Obstetricians and Gynecologists; 2020 [updated 2021; cited 2021 Aug 4]. Available from : https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy 
  3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia [Internet]. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2019 [updated 2019; cited 2021 Aug 4]. Available from : http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
  4. World Health Organization. Guideline: Calcium supplementation in pregnant women [Internet]. Geneva: WHO; 2013.
comment-iconcomment-icon