Mengidam Sehat Untuk Gizi Seimbang Di Masa Kehamilan - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

Mengidam Sehat Untuk Gizi Seimbang Di Masa Kehamilan

Ngidam merupakan hal yang umum terjadi pada ibu hamil, terutama di periode awal kehamilan. Banyak yang menganggap ngidam di kala hamil itu datang karena kebutuhan tubuh Ibu akan nutrisi tertentu. Misalnya bila Ibu mengidam keripik kentang asin, ini disebabkan tubuh Ibu membutuhkan asupan sodium lebih.

Ada beberapa ahli yang memaparkan hal berbeda, menurut mereka mengidam muncul karena perubahan hormon di dalam tubuh Ibu. Ada banyak fakta yang dikaitkan dengan penyebab ngidam, namun yang terpenting Ibu sebaiknya memilih makanan sehat dan bernutrisi di kala ngidam. Agar kebutuhan vitamin dan nutrisi harian yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik.

Did you know?

”Kebutuhan kalori Ibu di masa kehamilan bertambah 180-300 kalori lebih banyak setiap harinya. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP


Arti Di Balik Ngidam

Mengidam juga disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh ibu selama kehamilan. "Sangat mungkin perempuan yang merasa mual dan lelah karena efek hormon kehamilan mencari makanan yang memenuhi seleranya untuk membuat dirinya merasa nyaman," kata Elisa Zied, ahli nutrisi dan juru bicara American Dietetic Association.

Para ahli percaya bahwa mengidam adalah percampuran antara perubahan fisiologi, psikologi, sikap dalam keseharian dan faktor budaya. Di sisi lain para ahli gizi meyakini bahwa mengidam adalah sinyal yang berarti dari tubuh.

Berikut merupakan makanan yang umum diidamkan Ibu yang sekaligus mengindikasikan Ibu kekurangan suatu zat, berdasarkan penelitian yang telah dipublikasikan pada The American Journal of Medicine;

- Mengidam Es Batu

Ibu ingin memakan atau mengunyah es batu, hal ini disebut sebagai pagophagia. Ini bisa jadi tanda bahwa Ibu mengalami kekurangan zat besi dan anemia. Dokter menjelaskan selain karena tubuh kekurangan zat besi, pagophagia bisa muncul bila seseorang mengalami masalah emosional seperti stres.

- Mengidam Coklat

Bila Ibu mengidam coklat batangan di masa kehamilan, ini bisa disebabkan karena tubuh Ibu membutuhkan lebih banyak kalori dan magnesium. Ibu bisa mendapatkan magnesium dari kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

- Mengidam Buah

Coklat dan buah termasuk makanan yang sering membuat ibu hamil mengidam. Janet Pope, PhD, seorang profesor di bidang nutrisi dari Louisiana Tech University in Ruston, menjelaskan bahwa ini terkait dengan perubahan hormon dan kebutuhan tubuh Ibu. Mengidam buah menandakan tubuh Ibu kekurangan vitamin dan zat tertentu seperti vitamin A dan vitamin C.

Makanan Sehat Alternatif Ngidam

Ibu boleh manjakan diri dengan mengonsumsi makanan yang Ibu idamkan. Namun ada baiknya Ibu mencari makanan alternatif yang sehat untuk dikonsumsi.
Ganti sepotong coklat yang Ibu idamkan dengan coklat panas yang dibuat dengan susu skim. Ganti permen dengan manisan buah atau buah beku, pilih jus buah dibanding soda.

Tips Ahli Untuk Kendalikan Rasa Mengidam

- Mulai dengan sarapan yang baik
- Cari makanan bernutrisi tinggi sebagai alternatif dari makanan yang nilai nutrisinya lebih rendah.
- Makan dengan porsi kecil, agar Ibu bisa konsumsi makanan lebih sering.

Optimalkan gizi seimbang ibu di masa kehamilan, dapatkan informasinya di sini.

- Parry-Jones B. Psychol Med, 1992;22:561-571
- Dickens G, Trethowan WH. Cravings and aversions during pregnancy. J Psychosom Res. 1971;15:259 -268.