Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

10 Tips Mencukupi Nutrisi Gizi dan Protein untuk Ibu Hamil

Nutrisi

10 Tips Mencukupi Nutrisi Gizi dan Protein untuk Ibu Hamil


Nutrisi sebelum dan selama masa kehamilan akan mempengaruhi kesehatan Mama serta janin yang dikandungnya. Dengan asupan gizi Mama hamil yang baik, risiko komplikasi saat persalinan, kecacatan bayi, penyakit kronik di masa yang akan datang dapat berkurang. Berat badan serta tumbuh-kembang bayi sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dan status kesehatan Mama di masa kehamilannya.

Cara Mencukupi Nutrisi dan Protein untuk Ibu Hamil dan Janin

Kebutuhan gizi Ibu hamil akan mempengaruhi kesehatan Mama serta janin yang dikandungnya. Dengan asupan nutrisi ibu hamil yang baik, risiko komplikasi saat persalinan, kecacatan bayi, penyakit kronik di masa yang akan datang dapat berkurang. Berat badan serta tumbuh-kembang bayi sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dan status kesehatan Mama di masa kehamilannya. 

Dengan nutrisi Mama hamil yang baik semenjak masa kehamilan, diharapkan anak yang dilahirkan dapat tumbuh dewasa secara sehat pula. Asupan makanan bergizi sejak trimester pertama adalah bagian dari rangkaian penting dalam upaya mengoptimalkan kecerdasan anak. Di masa kehamilan, Mama perlu mengonsumsi asupan yang menjadi sumber protein untuk Ibu hamil, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Did you know?

“Nutrisi sebelum dan selama masa kehamilan sejak trimester pertama penting bagi kecerdasan anak yang optimal. Jadi pilihlah kebutuhan gizi Ibu hamil dari sumber makanan protein untuk Ibu hamil yang bervariasi untuk menjamin asupan nutrisi yang memadai bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan.”

dr. Jimmy Panji Wirawan, Sp.OG

Saat Mama hamil makan, nutrisi akan diserap, kemudian melalui peredaran darah menuju plasenta yang kemudian akan diserap oleh bayi. Asupan nutrisi untuk ibu hamil harus bervariasi serta mengandung sumber protein untuk Ibu hamil, mengandung karbohidrat, lemak, aneka vitamin dan mineral, asam folat, dan zat besi. Ada macam-macam makanan yang mengandung asam folat untuk Ibu hamil.

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi Mama dan bayi, dapat ditemukan pada nasi, umbi-umbian, kentang, singkong, serta aneka makanan manis.

Protein untuk Ibu hamil yang dibutuhkan pada masa kehamilan sangat bervariasi dan meningkat seiring dengan usia kehamilan. Sumber protein untuk Ibu hamil yang berasal dari hewan dapat diperoleh pada daging merah, unggas, olahan susu, dan makanan laut, sedangkan sumber protein non-hewani paling banyak berasal dari kacang-kacangan semisal tahu, tempe dan polong-polongan.

Lemak diperlukan sebagai cadangan energi dan membantu penyerapan vitamin A, D, E dan K. Lemak esensial tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan, yaitu asam linoleate dan alfa linolenat, mengandung omega 6 dan omega 3 yang bersumber dari kacang kedelai, minyak jagung, minyak bunga matahari, sayuran hijau, dan aneka kacang-kacangan, seperti biji Chia, biji Flax. Komponen lemak esensial ini berguna untuk mendukung pertumbuhan bayi dan perkembangan otak.

Zat besi selama masa kehamilan berguna untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein pada sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen menuju seluruh organ dan jaringan tubuh pada Mama dan janin, terutama pada trimester awal kehamilan. Beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi di antaranya, sayuran berwarna hijau tua, gandum, buah serta daging merah.

Vitamin C, yang dapat ditemukan pada aneka buah dan sayur, dapat membantu penyerapan zat besi yang bersumber dari sayuran.

Asam folat direkomendasikan selama kehamilan berfungsi untuk pembentukan struktur vital dan saraf. Bahkan, konsumsi asam folat sudah direkomendasikan sejak dini sebelum kehamilan atau saat merencanakan kehamilan. Makanan sumber asam folat dapat ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, buah sitrus, roti, sereal, pasta, nasi dan tepung dengan fortifikasi/penambahan asam folat di dalamnya.

Yodium dibutuhkan untuk produksi hormon tiroid yang berperan dalam menjaga kehamilan dan tumbuh-kembang janin. Seorang Mama hamil yang kekurangan yodium memiliki risiko keguguran, persalinan prematur, dan kelainan bawaan pada janin. Selain itu, seorang anak yang lahir dari Mama dengan kekurangan yodium dapat mengalami retardasi mental, pertumbuhan terhambat, serta gangguan kemampuan bicara dan pendengaran. Sumber yodium banyak terdapat pada produk susu (keju &yogurt), rumput laut, kerang, ikan, daging, garam beryodium, dan telur.

Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi perubahan pola makan Mama selama hamil yang dipengaruhi oleh perubahan hormon. Keluhan paling banyak dialami pada awal kehamilannya itu, rasa kembung dan mual. Pada masa awal kehamilan, keluhan mual dan rasa terbakar pada dada mungkin disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan naiknya asam lambung.

Dengan memahami berbagai perubahan yang dapat terjadi pada masa awal kehamilan serta cara untuk mengatasinya, diharapkan dapat mendukung kebutuhan gizi Ibu hamil agar dapat tetap terjaga dan membuat Mama dan janin yang dikandungnya berkembang sehat dan optimal.

10 Tips untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Mama Hamil

Tips yang dapat dijalankan adalah sebagai berikut1:

  1. Makan dalam porsi kecil tapi sering (5 – 6 porsi kecil/hari) diantara 2 – 3 porsi besar
  2. Makan perlahan dan kunyah makanan secara perlahan
  3. Konsumsi makanan mengandung asam folat untuk Ibu hamil
  4. Mengonsumsi jahe1,5
  5. Batasi minum di sela-sela makan
  6. Batasi makan makanan berlemak,berminyak, dan gorengan
  7. Batasi minuman yang mengandung kafein, berkarbonasi, asam, dan makanan pedas
  8. Konsumsi makanan yang mudah dicerna, seperti: pasta, krekers, kentang, nasi, buah-buahan, dan sayuran, serta aneka daging, ikan, dan telur
  9. Hindari makan/minum mendekati waktu tidur
  10. Memakai pakaian yang nyaman dan tidak mengganggu aktifitas mama hamil, terutama mendekati akhir kehamilan

Mama hamil sebaiknya menghindari rokok dan alkohol. Konsumsi alkohol menyebabkan retardasi pertumbuhan janin dan kecacatan. Merokok mengakibatkan bayi dapat terlahir dengan berat badan rendah. Penting pula untuk tidak mengonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter, karena obat-obatan tertentu dapat menuju peredaran darah bayi melalui plasenta. Hal tersebut menyebabkan gangguan pertumbuhan, perkembangan saraf, gangguan belajar, bahkan dapat menyebabkan kematian janin.

Selain sumber makanan dari hewan dan non hewani, peningkatan kebutuhan akan mikro nutrisi selama kehamilan menyebabkan konsumsi suplemen vitamin dan mineral terkadang diperlukan untuk mencapai nutrisi yang mencukupi kebutuhan Mama hamil. Sumber terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi saat hamil adalah melalui konsumsi makanan keseharian.

Tambahan Nutrisi Mama Hamil

Namun, jikalau dirasakan kurang, suplementasi dapat diberikan. Sebelum mengonsumsi suplemen, ada baiknya Mama hamil berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Konsumsi suplemen sebaiknya bersama dengan air putih maupun jus buah. Konsumsi suplemen dengan susu, teh, atau kopi, dapat mengganggu penyerapan suplemen dalam tubuh.

Bukan hanya memenuhi kebutuhan nutrisi untuk Mama dan janin dari makanan bergizi saja, tapi pastikan setiap hari untuk mengonsumsi susu untuk kehamilan dari Lactamil. Terdapat dua varian susu yaitu  Lactamil Inisis dan Lactamil Pregnasis

Lactamil Inisis bagi Mama yang sedang mempersiapkan kehamilan. Sedangkan Lactamil Pregnasis merupakan susu yang bisa Mama konsumsi ketika sedang masa Kehamilan. Keduanya diformulasikan khusus untuk dukung pemenuhan kebutuhan nutrisi Mama dan si Kecil di masa persiapan kehamilan sampai menyusui.

Ada kandungan utama yang ada di dalam Lactamil Inisis dan Lactamil Pregnasis yaitu nutrisi untuk ketahanan tubuh yang diperoleh dari kalsium, asam folat (vitamin B9), DHA, omega-6, vitamin A, C, D3, E, dan sumber protein.

Mama bisa memperoleh Lactamil Inisis dan Lactamil Pregnasis dalam dua varian 200g dan 400g di supermarket terdekat. Untuk Lactamil Inisis tersedia dalam varian rasa cokelat. Sementara Lactamil Pregnasis tersedia dalam tiga varian, yaitu stroberi, cokelat, dan vanila.

  1. Maternal Health and Nutrition [Internet]. 2017. Retrieved from: http://health.mo.gov/living/families/wic/wiclwp/pdf/30MaternalNutrition.pdf [06.04.2017]
  2. Queensland Government. Healthy Eating and Weight Gain for Vegetarian Pregnant and Breastfeeding Mother [Internet]. 2017. Retrieved from: https://www.health.qld.gov.au/__data/assets/pdf_file/0013/152041/antenatal_veget.pdf [06.04.201]
  3. Ministry of Health. Food and  Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper. Wellington: Ministry of Health; 2006. Retrieved from: https://www.health.govt.nz/system/files/documents/publications/food-and-nutrition-guidelines-preg-and-bfeed.pdf[06.04.2017]
  4. Nutrition for Pregnancy. Institute of Obstetricians and Gynaecologists, Royal College of Physicians of Ireland and Directorate of Clinical Strategy and Programmes, Health Service Executive [Internet]. 2017. Retrieved from: https://rcpi-live-cdn.s3.amazonaws.com/wp-content/uploads/2016/05/22.-Nutrition-during-Pregnancy.pdf [06.04.2017].
  5. Green M. Nausea, Pregnancy Sickness and the role of Dietary Protein [Internet]. 2017. Retrieved from : https://www.pregnancysicknesssupport.org.uk/documents/conference_papers/MGreen Nausea_pregnancy_dietary_protein_final.pdf [06.04.2017]
  6. Horizon Blue Cross Blue Shield of New Jersey. My Pregnancy Journal[Internet]. 2017. Retrieved from: https://www.horizonblue.com/sites/default/files/pdf/Pregnancy_Journal.pdf [06.04.2017]
comment-icon comment-icon