Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Ibu di Masa Kehamilan

Kesehatan

10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Ibu di Masa Kehamilan


Sebagai ibu hamil imunitas sangat diperlukan, baik untuk menjaga kondisi kesehatan Ibu maupun untuk menjaga perkembangan janin di dalam kandungan. Sistem imun Ibu hamil umumnya cenderung lebih lemah dibandingkan biasanya. Berikut ini beberapa cara menjaga imun Ibu hamil.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Kehamilan

Ibu bisa melakukan beberapa cara meningkatkan sistem imun tubuh Ibu hamil. Imunitas yang baik di masa kehamilan penting untuk mencegah adanya komplikasi dan gangguan kesehatan, dengan begitu janin pun akan ikut memiliki imunitas tubuh yang lebih baik.

1. Mulai dari Kesehatan Mental

Kondisi mental yang sehat, jauh dari stres dan memiliki dukungan positif dari keluarga bisa ikut membuat kondisi fisik Ibu prima. Hindari depresi, stres, panik. Menjaga kesehatan mental adalah salah satu cara menjaga imun Ibu hamil.

Tips:

  • Selalu diskusikan hal positif dengan pasangan
  • Ceritakan perkembangan kehamilan Ibu kepada pasangan
  • Dapatkan tidur yang berkualitas

Did you know?

"Terima segala perubahan saat hamil agar Ibu bisa menjalani kehamilan dengan baik."

dr. Ricky Susanto, M.Kes, SpOG

2. Jaga Kesehatan Fisik

Cara meningkatkan imun Ibu hamil adalah dengan menjaga kesehatan fisik. Rajin melakukan olah raga yang dianjurkan untuk Ibu hamil, bisa menjadi cara meningkatkan imun tubuh Ibu. Program olah raga rutin sangat baik untuk meningkatkan sistem kardiovaskular, melancarkan peredaran darah, membuang racun di dalam tubuh, melancarkan sirkulasi kekebalan tubuh dan mengurangi stres.

Bila aktivitas fisik Ibu mulai terasa melelahkan, Ibu sebaiknya memanjakan tubuh dengan pijat tubuh, untuk membuat tubuh tetap rileks dan sebagai cara menjaga imun Ibu hamil.

3. Lakukan Imunisasi TT (Tetanus Toksoid)

Pada peraturan nomor 42 tahun 2013 Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Ibu hamil dan perempuan usia subur direkomendasikan untuk melakukan imunisasi TT (Tetanus Toksoid). Hal ini ditujukan untuk melindungi ibu terhadap kemungkinan tetanus apabila terluka dan melindungi bayi baru lahir dari tetanus neinatorum. Melakukan imunisasi juga menjadi salah satu cara meningkatkan imun Ibu hamil.

4. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Sistem imun membutuhkan rangkaian nutrisi sempurna pada tubuh Ibu. Berikut adalah kadar nutrisi harian yang dibutuhkan Ibu, menurut rekomendasi Angka Kecukupan Gizi Indonesia 2013:

  • Vitamin A: 800-850 mcg per hari
  • Vitamin B6: 1,7 mg per hari
  • Vitamin C: 5,000 mg per hari
  • Vitamin E: 15 mg per hari
  • Selenium: 35 mcg per hari
  • Zinc: 15-20 mg per hari

Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral terbaik yang mendukung perkembangan tubuh, otak hingga imunitas janin sebagai salah satu cara meningkatkan imun tubuh pada Ibu hamil.

5. Konsumsi Probiotik secara Teratur

Probiotik dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Ibu hamil dan janin. Probiotik juga dapat melindungi janin dari asma dan alergi. Ibu bisa mendapatkan probiotik dari susu, kefir, atau yoghurt sebagai cara meningkatkan imun tubuh pada Ibu hamil.

6. Istirahat Cukup

Salah satu cara meningkatkan imun pada Ibu hamil adalah dengan cukup beristirahat. Saat hamil, tubuh banyak mengalami perubahan emosional dan hormon. Karena itu, Ibu perlu menjaga waktu tidur agar tetap maksimal.

7. Jaga Tubuh agar Tetap Terhidrasi

Cara meningkatkan imun Ibu hamil lainnya adalah dengan rutin minum air mineral. Pastikan Ibu minum 8-12 gelas per hari.

8. Pastikan Ibu Berada di Lingkungan Positif

Imunitas tubuh dapat didukung oleh lingkungan yang positif. Pastikan lingkungan Ibu dapat membuat Ibu bahagia dan tertawa.

9. Menjaga Kebersihan

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh Ibu hamil adalah dengan menjaga kebrsihan di sekitar lingkungan Ibu. Sebaiknya Ibu hamil juga rajin mencuci tangan. Hal itu bertujuan agar Ibu tidak mudah terserang virus, seperti virus cytomegalovirus (CMV) yang tertular dari air liur atau urin.

10. Lakukan Vaksinasi

Ibu hamil tentu dianjurkan untuk melakukan beberapa vaksinasi. Jenis vaksin Ibu hamil yang dianjurkan adalah vaksin influenza. Hal itu bertujuan agar Ibu hamil tidak terserang flu.

Lakukan cara meningkatkan imun pada Ibu hamil di atas supaya Ibu tetap sehat di masa kehamilan. Mama bisa cek potensi kelahiran prematur, mitos kehamilan, dan cek potensi lahir caesar dengan tools yang disediakan Nutriclub.

- Bulmer JN, et al. Reprod Nutr Dev, 1988;28:1599-1613
- Zenclussen AC. J Reprod Immunol, 2005;65:101-110

comment-icon comment-icon