Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Cara Kendalikan Insomnia Di Masa Kehamilan

Kesehatan

Cara Kendalikan Insomnia Di Masa Kehamilan


Merasa khawatir soal kehamilan Mama merupakan hal yang umum terjadi. Namun jangan biarkan kekhawatiran yang Mama rasakan mengganggu waktu tidur Mama.

Kekhawatiran ini yang merupakan salah satu faktor yang membuat Mama mengalami insomnia di masa kehamilan. Masih ada beberapa faktor lain yang membuat insomnia menjadi hal yang jamak ditemui pada Mama hamil dan bagaimana cara untuk mengendalikannya.

Penyebab Insomnia di Masa Kehamilan

Berikut adalah beberapa penyebab insomnia pada Mama hamil, antara lain:

  • Tidak ada posisi tidur yang nyaman. Mama bisa coba menggunakan guling khusus ibu hamil yang dirancang untuk membuat posisi tidur Mama tetap nyaman selama masa kehamilan.
  • Rasa nyeri pada punggung Mama. Ibu hamil diperbolehkan untuk menikmati pijatan lembut pada tubuhnya, untuk mengurangi rasa nyeri pada tubuh.
  • Sering buang air kecil. Mama yang hamil harus cukup mengonsumsi air mineral agar tubuh tetap terhidrasi, hindari terlalu banyak meminum minuman yang mengandung pemanis buatan.
  • Mengalami kram pada kaki. Gunakan krim pereda nyeri pada kaki Mama sembari memijat lembut di bagian yang kram.
  • Khawatir sekaligus tidak sabar menyambut kehadiran si Kecil. Rajinlah membaca buku kehamilan dan mengaplikasikan hal-hal positif yang disarankan pada buku tersebut. Sering berbagi cerita dengan sesama calon Mama dan anggota keluarga lainnya.
  • Penyesuaian dengan banyaknya perubahan fisik dan emosional pada diri Mama. Lakukan relaksasi dan hindari kondisi lingkungan yang tidak kondusif untuk kestabilan emosi Mama.

Did you know?

"Kehamilan membawa banyak perubahan pada seorang ibu, saling berbagi keluhan, pengalaman satu sama lain akan mempermudah proses kehamilan dan membawa ketenangan pada ibu hamil."

dr. Jimmy Panji, SpOG

Tips Menghadapi Masalah Tidur

Berikut adalah tips bagi Mama yang memiliki masalah tidur di masa kehamilan:

Ceritakan Ketakutan Mama Kepada Papa

Mama dan Papa memiliki harapan, perhatian dan ketakutan yang sama. Biasakan terbuka dengan Papa, mengomunikasikan ketakutan dan kekhawatiran yang Mama rasakan dapat mengurangi pikiran buruk dan membuat Mama juga Papa tidur lebih lelap.

Meminta Dukungan Keluarga dan Sahabat

Saran dan dukungan dari keluarga terdekat serta sahabat Mama akan membuat kondisi psikologis Mama lebih stabil dan kuat. Ini membuat Mama bisa mengendalikan berbagai pikiran buruk serta kekhawatiran yang datang. Selain itu, Mama juga bisa menjalin komunikasi dengan sesama ibu hamil, seperti mengikuti kelas yoga khusus ibu hamil. Berbagi dengan sesama ibu hamil dapat membantu meringankan rasa khawatir Mama.

Konsultasi Dengan Dokter

Jika rasa khawatir Mamabenar-benar sulit untuk dikendalikan, konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan. Mama bisa meminta pemeriksaan kondisi janin secara komprehensif, bila Mama merasa ada yang berbeda atau salah dengan kondisi kehamilan Mama. Di luar itu, dokter kandungan yang menangani Mama pasti telah menjadwalkan pengecekan USG secara berkala untuk mengevaluasi kondisi janin.

Membuat Suasana Kamar Menjadi Kondusif

Jangan menonton televisi ketika hendak tidur, tempatkan tubuh Mama hingga berada di posisi yang paling nyaman. Jangan lupa untuk menjauhi kafein dan berolahraga di waktu menjelang tidur. Siapkan bacaan yang menarik, mandi air hangat dan minum segelas susu panas untuk membantu Mama terlelap.

Cegah masalah seputar kehamilan dengan tips terbaik dari Tim Ahli Nutriclub dan penuhi kebutuhan nutrisi Mama di sini. Kemudian, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di masa kehamilan.

Salah satu asupan nutrisi tambahan yang bisa Mama konsumsi adalah Lactamil Pregnasis dengan kandungan formula ACTIDuobio+ yang mengandung serat pangan inulin, omega-6, asam folat, rendah lemak, zat besi dan vitamin C, maupun kalsium dan vitamin D.

Dapatkan Lactamil Pregnasis dalam dua varian ukuran (200 gram dan 400 gram) serta tiga varian rasa (vanila, coklat, dan stroberi). Perlu dipahami bahwa Lactamil Pregnasis aman untuk dikonsumsi dua kali setiap hari! Yuk konsumsi Lactamil sekarang !

  • Sateia MJ, et al. Sleep, 2000;23(2):243-263
  • Moline ML, et al. Sleep Medicine Reviews, 2003;7(2):155-177.
comment-icon comment-icon