Tips Menjaga Kesehatan Rahim - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Rahim

Rahim yang sehat berhubungan dengan kesuburan seorang wanita dan kelancaran rencana hamil serta persalinan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan rahim di antaranya adalah peredaran darah yang optimal, fungsi sistem syaraf, serta nutrisi yang seimbang. Kalau Ibu mengalami gejala seperti sakit berlebihan saat datang bulan, pernah mengalami infeksi kandung kemih, keputihan, siklus datang bulan tidak teratur, dll, ada kemungkinan rahim Ibu kurang sehat. Lalu bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan rahim Ibu? Beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu Ibu:

Jaga asupan nutrisi dan pola makan Ibu

Ikan yang kaya asam lemak Omega 3 seperti mackerel dan salmon membantu pengeluaran prostaglandin, yaitu zat menyerupai hormon yang membuat rahim berkontraksi terlalu keras, sehingga menyebabkan rasa sakit. Selain itu, makanan kaya asam folat dan beta karoten, misalnya gandum, juga baik bagi rahim. Vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan rahim terhadap bakteri dari luar tubuh. Pola makan sehat dengan nutrisi seimbang yang disarankan adalah rendah gula buatan, rendah lemak trans, mengandung karbohidrat baik, kaya zat besi serta protein, dan kaya gandum, sayuran, dan buah-buahan.

Check-up rutin ke ginekolog, idealnya setahun sekali

Pap smear rutin membantu mendeteksi adanya penyakit sedini mungkin. Semakin cepat masalah teratasi, metode penanganan menjadi semakin sederhana dan peluang kesembuhan menjadi lebih besar. Kalau Ibu memiliki masalah spesifik yang Ibu khawatirkan yang berhubungan dengan sistem reproduksi Ibu, konsultasikan masalah ini pada ginekolog Ibu agar dokter bisa melakukan beberapa tes bila perlu. Misalnya, pendarahan yang berlebihan saat datang bulan, rasa sakit yang parah saat datang bulan, ataupun datang bulan yang tidak teratur.

Olahraga secara teratur

Berolahraga membantu Ibu menjaga berat badan sehat. Berat badan sehat yang dianjurkan adalah BMI (Body Mass Index) antara 20-27. Olahraga juga membantu melancarkan peredaran darah, sehingga berpengaruh positif pada kesehatan sistem reproduksi Ibu, termasuk rahim. Banyak ahli yang berpendapat bahwa berenang adalah olahraga terbaik untuk memperkuat rahim. Berenang selama 2 jam per minggu membantu mengurangi sakit punggung, meredakan sakit datang bulan, serta membuat proses persalinan menjadi lebih mudah. Tapi jaga agar Ibu tidak berolahraga secara berlebihan pula, karena hal tersebut justru bisa membuat siklus datang bulan Ibu menjadi tidak teratur.

Hindari kebiasaan menahan buang air kecil

Kebiasaan menahan buang air kecil membuat zat yang seharusnya dibuang justru terakumulasi dalam kandung kemih dan menyebabkan infeksi kandung kemih.

Berhenti merokok

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa zat penyebab kanker yang terdapat dalam rokok bisa terkonsentrasi pada cairan tubuh di sekitar leher rahim. Kebiasaan merokok pada jangka panjang berefek negatif, bahkan membahayakan terhadap rahim

Waspada bila keputihan

Sebaiknya Ibu berkonsultasi pada ginekolog bila Ibu mengalami keputihan yang berlebihan, kekuningan, ataupun berbau, karena hal ini biasanya merupakan indikasi awal kemungkinan terjadinya masalah pada rahim Ibu.

Tips-tips di atas akan membantu Ibu menjaga kesehatan rahim Ibu, sehingga rencana hamil Ibu pun bisa berjalan dengan lebih lancar. Selamat mencoba!