Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Perut Kembung saat Hamil, Bagaimana Mengatasinya?

Perut kembung merupakan salah satu masalah kehamilan yang dapat dialami calon Mama. Meski tidak memberikan dampak buruk bagi si Kecil di rahim, kadar gas yang meningkat ini dapat memicu kembung, kram, dan nyeri pada perut Mama.1 (hal 1, 5) Yuk Ma, simak apa saja cara ampuh untuk mengatasi perut kembung saat hamil!

Penyebab Perut Kembung saat Hamil

Saat hamil, tubuh Mama akan memproduksi lebih banyak hormon progesteron untuk mendukung proses kehamilan. Meningkatnya kadar hormon ini membuat otot-otot dalam tubuh Mama jadi lebih rileks, termasuk otot yang terdapat dalam perut. Akibatnya, proses pencernaan pun melambat sehingga memicu penumpukan gas.1 (hal 2)

Jika gas menumpuk dalam perut, maka Mama bisa merasakan sejumlah gejala seperti:2 (hal 1)

  • Nyeri pada perut, dada, punggung
  • Perut kembung
  • Kram dan nyeri perut
  • Gangguan pencernaan

Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Masalah Perut Kembung saat Hamil

  1. Jika Mama kerap mengalami masalah perut kembung saat hamil, sebaiknya perhatikan jenis makanan atau minuman yang berpotensi menjadi pemicu munculnya masalah kehamilan tersebut. Bagi sebagian Mama, konsumsi kubis dan brokoli seringkali menjadi penyebab perut kembung sementara yang lain merasa buncis dan bawang merahlah yang menjadi pemicunya.
  2. Namun, jangan stop mengonsumsi makanan tersebut sama sekali, karena bahan makanan tersebut merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kehamilan Mama. Alih-alih berhenti, makanlah jenis makanan bernutrisi tersebut saat Mama sedang berada di rumah, agar Mama dapat langsung beristirahat jika rasa nyeri datang.1 (hal 2-5), 2 (hal 3)
  3. Sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan, minuman berkarbonasi seperti soda atau sparkling water, serta pemanis buatan (fruktosa dan sorbitol) karena dapat memicu produksi gas berlebih.2 (hal 3)
  4. Minum cukup air putih dan makan makanan tinggi serat untuk mencegah masalah kehamilan berupa konstipasi dan juga perut kembung.2 (hal 5)
  5. Hindari baju ketat dan gunakan baju yang sedikit longgar agar Mama merasa lebih nyaman saat masalah perut kembung datang.2 (hal 4)
  6. Rutin berolahraga. Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan mental, berolahraga juga dapat melancarkan proses pencernaan.1 (hal 4) Cobalah untuk berjalan santai atau jogging, yoga atau olahraga lain yang Mama sukai.
  7. Saat makan, kunyahlah makanan secara perlahan untuk mencegah Mama menelan banyak gas.1 (hal 4)
  8. Berusahalah untuk rileks, karena kondisi stres dapat memperlambat proses cerna dan memicu penumpukan gas dalam perut.3 (hal 1) Atasi stres Mama dengan berolahraga ringan atau dengan bermeditasi.4 (hal 5-6) Apabila Mama merasa cemas terkait kehamilan Mama dan ingin bertanya pada ahlinya, Mama bisa menghubungi Nutriclub Expert Advisor.

  1. American Pregnancy Association. Pregnancy gas: causes and prevention [Internet].  2013 [cited 2021 May 30]. Available from: https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/gas-during-pregnancy-5328/
  2. Eske J. What causes gas pain during pregnancy? [Internet]. 2019 [cited 2021 May 30]. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324332#causes
  3. NHS. 5 lifestyle tips for a healthy tummy [Internet]. Leeds: NHS; [updated 2019 August 28; cited 2021 May 30]. Available from: https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/five-lifestyle-tips-for-a-healthy-tummy/?tabname=food-and-diet
  4. 11 ways to survive stress in pregnancy [Internet]. San Fransisco; BabyCenter, LLC; [updated 2021 March; cited 2021 May 30]. Available from: https://www.babycentre.co.uk/a552044/11-ways-to-survive-stress-in-pregnancy
comment-icon comment-icon