Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

5 Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil

Kesehatan

5 Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil


Konstipasi atau sembelit merupakan hal yang normal terjadi di masa kehamilan. Masalah kehamilan ini bisa muncul akibat meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh Mama, yang memicu otot-otot dalam perut menjadi lebih longgar sehingga proses mencerna makanan pun jadi lebih lambat. Selain itu, janin yang terus tumbuh dan kian membesar seiring bertambahnya usia kehamilan juga dapat menekan usus Mama, sehingga Mama jadi rentan mengalami sembelit.1 (hal 2023)

Faktor lain yang dapat memicu Mama sembelit saat hamil adalah karena Mama mengonsumsi suplemen kehamilan yang mengandung zat besi atau karena mual yang membuat Mama enggan minum air atau mengonsumsi makanan tinggi serat. Padahal, keduanya bermanfaat untuk melancarkan kerja sistem pencernaan Mama.1 (hal 2023)

Bila Mama mengalami sembelit saat hamil, segera lakukan tips berikut, karena sembelit yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu masalah kehamilan lainnya yang lebih menyakitkan, yaitu wasir.

Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil

Konsumsi makanan tinggi serat

Serat dalam makanan dapat membantu melancarkan kerja sistem pencernaan. Nah, jumlah serat yang direkomendasikan untuk Mama selama kehamilan adalah sekitar 20-35 gram sehari. Jadi, usahakan untuk selalu mengonsumsi buah-buahan, sayuran, gandum, kacang-kacangan dan biji-bijiian, kentang, prem kering atau buah kering lainnya dalam sehari.1 (hal 2024), 2 (hal 306)

Minum banyak air 

Pastikan Mama mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari, meskipun itu berarti Mama harus bolak-balik ke toilet untuk pipis.1 (hal 2024), 2 (hal 306)

Berolahraga

Berolahraga saat hamil aman dan dianjurkan untuk Mama karena banyaknya manfaat yang bisa didapat, salah satunya adalah memperlancar gerak usus Mama sehingga mencegah sembelit. Mama bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan santai atau berenang.1 (hal 2024)

Konsultasi dengan ahli kesehatan terkait konsumsi suplemen

Jika Mama masih kerap mengalami sembelit saat hamil, tanyakan pada dokter atau ahli kesehatan apakah Mama perlu mengonsumsi suplemen serat. Mama tidak dianjurkan untuk minum obat pencahar selama kehamilan karena dapat memicu keram, diare, dehidrasi hingga kontraksi rahim.2 (hal 307)

Tips lainnya

Jika sembelit menyerang, Mama bisa coba memijat perut dengan lembut untuk memicu gerak usus, atau mandi dengan air hangat untuk meredam nyeri perut akibat sembelit.3 (hal 5-6), 4 (hal 2)

Bila Mama memiliki pertanyaan seputar sembelit saat hamil, Mama bisa menghubungi Nutriclub Expert Advisor dan berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Hubungi Nutriclub Expert Advisor sekarang!

  1. Fan W, Kang J, Xiao X, Li L, Yang X. Causes of constipation during pregnancy and health management. Int J Clin Exp Med. 2020;13(3):2022-6.
  2. Zahoor S, Babar ME, Javed MM, Hussain T. Constipation in pregnancy: causes and remedies. Prog Nutr. 2018;20(1 Suppl):305-11.
  3. Conkleton E. How to massage for constipation relief [Internet]. 2018 [cited 2021 May 31]. Available from: https://www.healthline.com/health/massage-for-constipation-relief#see-a-doctor
  4. Fletcher J. Are Epsom salt baths safe during pregnancy? [Internet]. 2018 [cited 2021 May 31]. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322278#_noHeaderPrefixedContent
comment-icon comment-icon