Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Stretch Mark pada Ibu Hamil

Gaya Hidup

Stretch Mark pada Ibu Hamil


Guratan-guratan pada kulit selama hamil atau dikenal sebagai stretch mark, dialami sebagian besar ibu hamil. Namun jangan khawatir, Ibu bisa mencegah munculnya stretch mark di masa kehamilan. Lihatlah tips di bawah ini atau konsultasikan dengan Tim Ahli Nutriclub.

Mengapa Timbul Guratan di Kulit?

Saat hamil, kulit Ibu meregang hingga menyebabkan robekan di lapisan dalam kulit. Warna garis yang timbul akibat robekan ini tergantung warna dan elastisitas kulit Ibu, bisa merah atau cokelat. Setelah melahirkan, perlahan garis-garis kulit ini memutih dan kembali ke warna kulit Ibu. Walau mungkin tidak hilang sama sekali, tetapi tidak separah ketika hamil.

Did you know?

”Di minggu ke-17, kehamilan Ibu sudah mulai semakin terlihat dengan terus membesarnya perut Ibu. Kulit Ibu akan mulai terasa gatal karena semakin merenggang, sehingga Ibu sudah bisa mulai menggunakan pelembab untuk mengurangi kemungkinan timbulnya stretch mark. Ketahui selengkapnya di sini.“

Cegah Stretch Mark

Guratan kulit selama hamil mungkin sulit dicegah, tetapi Ibu bisa mengurangi banyaknya garis-garis yang muncul pada kulit Ibu. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah munclnya stretch mark pada ibu hamil.

Tips Menghilangkan Stretch Mark

Hal yang paling mudah, yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi guratan kulit adalah menggunakan pelembab sambil dipijat lembut ke kulit Ibu, baik selama masa kehamilan dan setelah melahirkan. 

Berikut pelembab yang disarankan untuk menghilangkan stretch marks:

  • Wheat germ oil 
  • Almond oil 
  • Krim yang mengandung Vitamin E 
  • Cocoa butter

Latihan fisik dan nutrisi seimbang di masa kehamilan akan meningkatkan kualitas kehamilan Ibu dan mengoptimalkan perkembangan janin.

comment-icon comment-icon