Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

Mempersiapkan Makanan Bayi

Membuat sendiri makanan untuk bayi itu mudah, efisien dan juga hemat.

Selain itu Ibu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang segar dan memiliki nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan bayi.

Bersihkan semuanya terlebih dahulu
- Sebelum mulai menyiapkan makanan untuk bayi, cucilah tangan Ibu dengan sabun dan air panas hangat kemudian keringkan dengan handuk bersih.

- Ibu juga harus memastikan bahwa semua peralatan memasak dan peralatan makan si Kecil sudah sangat bersih. 


Did you know?

”Selain teksturnya yang lembut dan ringan, nasi yang dicampur dengan susu pertumbuhan terbukti lebih mudah diterima oleh lidah dan pencernaan si Kecil. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP


Membeli dan menyiapkan bahan
- Pilih buah dan sayuran yang paling segar. Cucilah, kupas seperlunya dan singkirkan biji-bijinya karena berbahaya bila tertelan oleh si Kecil. Kemudian potonglah kecil-kecil sebelum dimasak.

- Pilih potongan yang lunak dari daging sapi, kambing atau ayam. Buanglah semua lemak sebelum dimasak. Setelah matang, buanglah semua tulang atau maupun tulang rawan yang ada.

- Jika Ibu memilih ikan segar, mintalah penjual ikan untuk membuang semua kulit, sisik dan tulangnya. Setelah matang, periksa lagi mungkin masih ada tulang dan kulit yang tertinggal.

- Beberapa makanan tidak cocok untuk bayi dan lebih baik dihindari. 

Cara memasak makanan bayi

- Hati-hati pada garam!
Ibu harus berhati-hati dengan jumlah garam dalam makanan yang Ibu berikan pada bayi. Jangan menambahkan garam pada makanan bayi, karena membuat ginjalnya yang masih kecil dan masih dalam perkembangan harus bekerja keras. Sebaiknya juga tidak menambahkan gula karena bisa menyebabkan kerusakan gigi dan ketagihan makanan manis.

- Mematangkan makanan
Daging dan ikan bisa dikukus, dipanggang atau dimasak dengan microwave. Daging dan ikan juga bisa digoreng atau dioven namun jangan menambahkan lemak/minyak terlalu banyak. Selalu ingat bahwa daging harus dimasak sampai matang merata sehingga tidak ada lagi bagian yang masih belum matang. Ikan sebaiknya matang dan renyah - jika masih agak kenyal berarti belum matang merata.

-Mengukus dan merebus
Buah dan sayuran bisa dimasak dengan microwave, dikukus atau direbus. Ibu juga bisa mengoven beberapa buah misalnya apel dan pir. Pilihan yang terbaik adalah mengukus karena mengukus menjaga nutrisinya tetap utuh, tapi Ibu tidak harus menggunakan pengukus/dandang - cukup dengan wadah dengan lubang-lubang kecil, panci bergagang berisi air mendidih dan tutupnya.

Cara menyajikan
 Mula-mula, makanan bayi harus diblender atau dihaluskan sampai rata sehingga berupa makanan lumat yang halus. Setelah bayi semakin besar, Ibu boleh mulai membuat makananya menjadi lebih padat. Ibu bisa menggunakan blender atau garpu pencacah makanan untuk menghaluskan makanan menjadi tekstur yang sesuai. 

Selalu sajikan makanan hangat, jangan panas namun memasaknya harus sampai mendidih lalu dinginkan sesuai suhu kamar.


facebook-logo twitter-logo