Merasa Kurang Siap Menjadi Ibu - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Psikologis

Merasa Kurang Siap Menjadi Ibu

Memiliki bayi adalah suatu pengalaman besar yang merubah hidup Ibu, Tentu saja Ibu butuh waktu untuk penyesuaian. Tim Ahli Nutriiclub akan membantu Ibu untuk dapat lebih memahami proses itu.

Jangan Memaksakan Diri

Wajar bila Ibu merasa sedikit kewalahan pada awal masa kelahiran si Kecil. Nantinya Ibu akan lebih mudah karena terbiasa dengan rutinitas si Kecil

Pusatkan perhatian pada si Kecil dan kondisi Ibu pada minggu-minggu pertama. Jangan memaksa diri melakukan terlalu banyak hal. Minta juga bantuan dari orang-orang di sekitar Ibu. 

Mencari Informasi Akurat

Ibu bisa mencari informasi yang akurat sebanyak-banyaknya seputar perkembangan dan rutinitas si Kecil. Bicaralah pada suami, keluarga, teman, atau dokter. Sangat menyenangkan bila Ibu dapat mencari kelompok ibu dan bayi di lingkungan Ibu. Dalam kelompok ini, Ibu bisa bertukar cerita dan punya sedikit waktu bersama para ibu dalam situasi yang sama. Dan Ibu tidak lagi merasa sendirian.

 

Did you know?

”Tentu ada beragam perasaan yang bercampur jadi satu ketika bayi terlahir ke dunia. Meski pada saat-saat itu Ibu lelah dan merasa sakit pasca melahirkan, sebaiknya Ibu tetap memerhatikan 24 jam pertama kehidupan si Kecil. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

 

Percaya Diri

Tidak ada manfaatnya terlalu lama menimbang-nimbang benar atau tidaknya apa yang Ibu lakukan. Selama Ibu menggunakan akal sehat, Ibu akan baik-baik saja. Kami bisa memberikan panduan tentang hal-hal praktis seperti cara menyusui, cara menggendong bayi, memberi makan bayi, cara mengganti popok dan banyak lagi tips dan bantuan praktis lainnya.

Biarkan Orang Lain Membantu Ibu

Jangan berusaha melakukan semua sendiri. Biarkan keluarga atau teman membantu Ibu. Banyak orang yang begitu ingin membantu hanya mungkin mereka tidak tahu apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu. Jadi jangan ragu untuk memberi tahu mereka. Berikut ini beberapa saran untuk memanfaatkan bantuan orang-orang tersebut: 

• Ibu tak perlu repot-repot membuatkan teh dan menghidangkan camilan saat ada keluarga atau teman datang ke rumah, tunjukkan saja mereka arah ke dapur dan minta mereka untuk membuat teh sendiri.

• Kakek, nenek dan teman yang penasaran sering kali sangat ingin menggendong si Kecil. Manfaatkan itu sebaik-baiknya dan biarkan mereka meluangkan waktu dan membicarakan tentang anggota keluarga barunya.

• Berbelanja sambil membawa bayi bisa sangat merepotkan. Jadi mengapa tidak menitipkan beberapa barang yang perlu dibeli pada saudara atau teman Ibu.

Merawat Diri Ibu

Banyak ibu lupa bahwa merawat bayi baru lahir sangat menguras energi, jadi pastikan Ibu juga merawat diri Ibu sendiri. Ibu harus memastikan bahwa Ibu cukup tidur dan berolahraga agar tubuh dan pikiran Ibu sehat sehingga siap menghadapi hari.