taboola Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Melalui Pemenuhan Nutrisi - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

Mendukung Perkembangan Daya Tahan Tubuh Si Kecil Melalui Pemenuhan Nutrisi

daya tahan tubuh merupakan sistem dalam tubuh manusia yang berfungsi melawan infeksi dan mengaktifkan respon daya tahan tubuh. Karena si Kecil yang baru lahir belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna, mereka memerlukan nutrisi khusus yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan daya tahan tubuh, mencegah si Kecil dari penyakit yang kerap menyerang di usia dini, dan mencegahnya dari risiko terserang penyakit alergi. Simak tips berikut untuk tahu bagaimana Mama bisa memenuhi asupan nutrisi si Kecil untuk mendukung pertumbuhan daya tahan tubuhnya.

Memberikan ASI

Kegiatan menyusui memberikan beragam manfaat baik tidak hanya untuk si Kecil tapi juga Mama. Salah satu manfaat menyusui yang utama adalah memberikan si Kecil perlindungan terhadap virus penyebab infeksi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar Mama menyusui si Kecil secara eksklusif selama enam bulan, yang dilanjutkan dengan pemberian tambahan makanan pelengkap (MPASI) hingga usianya dua tahun atau lebih.

Berikan Makanan Kaya Nutrisi

Jika usia si Kecil sudah menginjak usia enam bulan dan sudah siap untuk menerima makanan pelengkap ASI (MPASI), Mama bisa mulai mengenalkan si Kecil pada beragam makanan sehat bernutrisi agar daya tahan tubuh anak kuat. Utamakan makanan tersebut mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuhnya, seperti:

  • Zat besi
    Zat besi merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah yang sehat, yakni sel darah yang mengandung hemoglobin, protein untuk mengikat dan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan kondisi anemia, sehingga berdampak pada daya tahan tubuh dan memicu risiko alergi pada si Kecil. Untuk mencegah hal tersebut, berikan si Kecil makanan yang kaya akan zat besi ya, Ma, seperti daging sapi atau kambing, telur, sereal gandum, sayur bayam dan kubis, tanaman polong, kacang polong dan lentil.
  • Seng
    Seng atau zinc merupakan mineral yang terdapat dalam sel tubuh manusia, yang berfungsi untuk membantu daya melawan virus dan bakteri penyebab sakit dengan cara memproduksi enzim dan sel baru. Untuk memenuhi kebutuhan si Kecil akan seng, Mama bisa berikan si Kecil daging, produk olahan susu seperti susu dan keju, juga roti gandum dan sereal.
  • Vitamin D
    Vitamin D menjaga agar fungsi daya tahan tubuh si Kecil bekerja dengan baik. Sumber vitamin D terbaik adalah dari sinar matahari pagi, tapi Mama perlu berhati-hati saat menjemur si Kecil yang baru lahir, ya. Jangan lupa berikan juga si Kecil asupan vitamin D dari sumber makanan seperti ikan salmon, tuna, kembung dan juga telur.Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan kebutuhan vitamin D untuk bayi baru lahir dan balita sebanyak400-600 IU per hari1. Jika Mama merasa asupan vitamin D-nya kurang, konsultasikan dengan dokter anak ya, Ma.
  • Vitamin A
    Vitamin A dapat memperkuat daya si Kecil dengan cara memproduksi sel darah putih dan antibodi. Mama bisa berikan si Kecil telur, yoghurt dan keju untuk memenuhi asupan vitamin A harian si Kecil. Selain itu, vitamin A juga bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran seperti mangga, kol, kubis, wortel dan ubi manis.
  • Prebiotik dan Probiotik
    Prebiotik merupakan jenis karbohidrat dan serat yang tidak dapat dicerna tubuh, namun mampu merangsang perkembangan bakteri baik dalam usus. Bakteri baik (probiotik) yang hidup di dalam saluran pencernaan mampu menjaga perkembangan daya tahan tubuh yang seimbang, sehingga si Kecil pun tetap sehat dan terlindung dari beragam risiko penyakit.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga daya tahan tubuh anak dengan manfaat dari prebiotik, Mama bisa memberikan si Kecil susu yang mengandung kombinasi prebiotik FOS dan GOS 1:9, seperti Nutrilon Royal Actiduobio+. Atau, Mama dapaat berkonsultasi lebih dulu dengan dokter untuk info lebih lanjut seputar susu yang mengandung SYNBIO.

comment-icon comment-icon