Persiapan Sebelum Menyusui - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Menyusui

Persiapan Sebelum Menyusui

Persiapan sebelum menyusui diperlukan agar proses menyusui berjalan nyaman baik untuk Ibu dan si Kecil. Pelajari sebanyak mungkin informasi yang bisa Ibu dapatkan soal menyusui.

Informasi penting seputar menyusui yang Ibu dapatkan bahkan sebelum si Kecil lahir dapat meminimalisir terjadinya masalah saat menyusui. Membaca berbagai artikel Nutriclub, bertanya pada dokter atau Tim Ahli Nutriclub, mencari informasi lewat buku, atau mengikuti kelas prenatal dan antenatal bisa membantu Ibu. 


Did you know?

”Setiap bayi dilahirkan untuk menyusui dan memiliki insting untuk membantu mereka menemukan payudara Ibu dan langsung melekat tanpa membutuhkan banyak bantuan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Persiapan Sebelum Menyusui

• Siapkan mental dan fisik dengan baik setiap akan menyusui, agar aktivitas ini bisa dilakukan dengan tenang, misalnya dengan mendengarkan alunan musik sebelum dan selama menyusui.

• Mandi dengan air hangat sebelum menyusui juga dapat membantu Ibu menjadi lebih rileks serta menjadikan aliran darah lebih lancar dan akan memperbaiki sirkulasi susu yang dihasilkan.

• Sediakan tempat dengan peralatan yang diperlukan. Misalnya kursi dengan sandaran punggung dan penyangga tangan dan bantal untuk menopang bayi. Di saat menyusui, sebaiknya Ibu duduk dengan kaki tidak menggantung.

• Pastikan kondisi fisik Ibu dalam keadaan bersih terutama tangan harus dicuci bersih sebelum menggendong bayi dan kedua payudara maupun puting susu Ibu telah dibersihkan dengan kapas yang telah direndam terlebih dahulu dengan air hangat sebelum mulai menyusui.

• Mengompres payudara akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan produktivitas susu.

• Bantulah si Kecil dengan metode perlekatan agar memaksimalkan proses menyusui.