Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Cara Cuci Tangan yang Tepat agar Aman dari Virus Corona

Kesehatan

Cara Cuci Tangan yang Tepat agar Aman dari Virus Corona

Article By : dr. Jonathan Christopher

Akhir-akhir ini dunia dihebohkan dengan infeksi virus baru yang bernama Coronavirus. Banyak korban yang meninggal akibat virus ini karena gagal napas. Vaksin dan pengobatan yang spesifik belum ditemukan untuk mengobati infeksi virus ini. 

Namun tahukah Mama bahwa penyebaran virus tersebut dapat dicegah dengan tindakan mudah seperti sering cuci tangan? Apakah Mama mengetahui kapan dan cara mencuci tangan yang benar? Simaklah artikel berikut ini untuk dapat mencegah, tak hanya infeksi Coronavirus, namun penyakit-penyakit menular lainnya.

Mengapa Harus Cuci Tangan?

Coronavirus atau “Coronavirus disease 2019” (COVID-19) merupakan sebuah virus baru yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan pada manusia dan dapat menular antar sesama manusia. Virus ini ditemukan pertama kali pada sebuah tempat di Cina bernama Wuhan. Hingga 22 Maret 2020, terdapat 292.142 kasus terkonfirmasi dari berbagai negara, termasuk Cina, Singapura, Malaysia, Jepang, Vietnam, Australia hingga Perancis, Amerika Serikat dan Indonesia.

Gejala Virus COVID-19 pada Anak

Gejala dari virus ini dapat berupa:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas

Jika Mama mengalami gejala tersebut, khususnya bagi yang dalam waktu dekat memiliki kontak dengan seseorang yang baru kembali dari Cina atau seseorang yang baru bepergian dari luar negeri, harap periksakan diri Mama ke fasilitas kesehatan terdekat.

Seseorang dapat ditularkan Coronavirus melalui droplet dari saluran pernapasan yang diproduksi saat orang terinfeksi batuk atau bersin, mirip dengan cara influenza atau virus saluran pernapasan lainnya menular. Proses penularan dapat diteruskan bila seseorang menyentuh objek yang terdapat droplet virus tersebut kemudian menyentuh mulut, wajah atau mata sendiri atau bahkan orang lain. Maka penting untuk kita menjaga kebersihan, salah satunya yaitu dengan cuci tangan.

Cara Cuci Tangan

Cuci tangan mungkin terlihat mudah dan sering diremehkan hingga dilupakan. Namun tahukah Mama bahwa mencuci tangan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia medis, hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat sebuah kampanye global untuk menyatakan setiap tanggal 15 Oktober adalah Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS). 

Begitu banyak penyakit yang dapat ditularkan seperti penyakit saluran pernapasan, diare, infeksi cacing dan penyakit kulit. Dengan hanya cuci tangan, tingkat infeksi saluran pernapasan dapat menurun hingga 16-25%. Lalu kapan waktu yang tepat untuk kita perlu cuci tangan? Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Kementrian Kesehatan, berikut adalah saat-saat kita perlu cuci tangan:

  • Sebelum, saat, dan sesudah menyiapkan makanan.
  • Sebelum dan setelah makan.
  • Sebelum menyusui bayi.
  • Sebelum dan setelah mengasuh seseorang yang sakit di rumah.
  • Setelah buang air.
  • Setelah batuk atau bersin.
  • Setelah menyentuh sampah.
  • Setelah beraktivitas seperti mengetik, menyentuh uang, hewan atau binatang, berkebun.

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk cuci tangan, Mama juga perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk mencuci tangan dengan benar. Menurut Kementerian Kesehatan, cuci tangan terbagi dalam 5 langkah:

  1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih yang mengalir.
  2. Ambil dan gosok sabun ke daerah telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari.
  3. Bersihkan bagian bawah kuku.
  4. Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.
  5. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu atau dengan cara diangin- anginkan.

Dianjurkan untuk cuci tangan selama 20 detik, atau lebih mudah dengan menyanyikan lagu “selamat ulang tahun” sebanyak 2 kali. Bila tidak terdapat sabun dan air mengalir, dapat menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

Tidak sulit bukan? Dengan melakukan hal yang mudah ini, Mama dapat mencegah infeksi virus pada diri sendiri, orang sekitar, dan bahkan komunitas seperti keluarga dan tempat kerja. Setiap hari Mama beraktivitas, ingatlah untuk selalu mencuci tangan pada saat yang tepat dengan benar sehingga Mama terhindar dari infeksi virus.

Selain cuci tangan yang rutin dan di beberapa kondisi, untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imun, Mama juga perlu memastikan asupan makanan yang bergizi bagi Mama, Si Kecil, maupun anggota keluarga lainnya. 

Pastikan di dalam menu harian terdapat sayur, buah, daging, ikan, telur, dan makanan lainnya agar kebutuhan gizi tercukupi. 

Jangan lupakan juga untuk melengkapi nutrisi si Kecil dengan mengonsumsi susu setiap hari agar menambah asupan gizi yang penting bagi tumbuh kemban dan daya tubuhnya. Cek di sini!

  • Basahi seluruh tangan dengan air bersih yang mengalir.
  • Ambil dan gosok sabun ke daerah telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari.
  • Bersihkan bagian bawah kuku.
  • Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.
  • Keringkan tangan dengan handuk atau tisu atau dengan cara diangin- anginkan.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, pastikan Si Kecil konsumsi susu dengan kandungan prebiotik dan probiotik. Salah satu rekomendasi susu untuk Si Kecil yaitu Nutrilon Royal Prosyneo bagi anak dengan alergi susu sapi.  Nutrilon Royal Prosyneo dilengkapi bersama formula terhidrolisa parsial (PHP) dengan sinbiotik SYNEO yang sudah dipatenkan. Kandungan ini aman untuk si Kecil dengan riwayat sensitivitas. PHP sendiri memiliki sensitivitas lebih rendah dan mudah dicerna.

Di dalamnya diformulasikan dengan Advanced SINBIOTIK SYNEO. SYNEO merupakan perpaduan unik antara FOS:GOS & B.breve yang sudah dipatenkan. Di dalamnya juga ada vitamin C & E yang bagus untuk daya tahan tubuh, Omega 3 & 6 mendukung kemampuan berpikir, 13 vitamin & 14 mineral akan dukung pertumbuhan optimal. Nutrilon Royal Prosyneo dijual dalam ukuran 400g dengan varian rasa vanila. 

Ada juga Nutrilon Royal ACTIDuobio+ Di dalamnya ada FOS:GOS 1:9 lebih tinggi yang sudah dipatenkan untuk bantu dukung daya tahan tubuh Si Kecil, 12 vitamin dan 9 mineral yang bagus untuk tumbuh kembang, omega3 & 6, zat besi untuk  bantu kemampuan berpikir lebih baik, dan tanpa gula tambahan.

Nutrilon Royal ACTIDuobio+ punya dua varian yaitu Nutrilon Royal 3 (susu pertumbuhan untuk Si Kecil usia 1-3 tahun) dan Nutrilon Royal 4 (susu pertumbuhan untuk Si Kecil usia 3 tahun ke atas). Nutrilon Royal 3 dan 4 sama -sama tersedia dalam ukuran 200g, 400g, 800g, 1800g dengan varian rasa madu dan vanilla.

  1. . Cdc.gov. (2020). Novel Coronavirus 2019, Wuhan, China | CDC. [online] Available at: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/index.html [Accessed 27 Jan. 2020].
  2. Who.int. (2020). Novel Coronavirus (2019-nCoV) situation reports. [online] Available at: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus- 2019/situation-reports/ [Accessed 23 Mar. 2020].
  3. Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia. (2020). [ebook] Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Available at: https://www.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin- ctps.pdf [Accessed 27 Jan. 2020].
  4. Cdc.gov. (2020). Show Me the Science - Why Wash Your Hands? | Handwashing | CDC. [online] Available at: https://www.cdc.gov/handwashing/why- handwashing.html [Accessed 27 Jan. 2020].
  5. Cdc.gov. (2020). When and How to Wash Your Hands | Handwashing | CDC. [online] Available at: https://www.cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html [Accessed 27 Jan. 2020].
  6. Kemkes.go.id. (2020). Kapan saja harus mencuci tangan? [online] Available at: http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/kapan-saja-harus-mencuci-tangan [Accessed 27 Jan. 2020].
  7. Kemkes.go.id. (2020). 5 langkah mencuci tangan pakai sabun [online] Available at: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan- pembuluh-darah/page/14/5-langkah-cuci-tangan-pakai-sabun [Accessed 27 Jan. 2020].
comment-icon comment-icon