Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Gaya Hidup

Traveling dengan Batita

Berlibur dengan batita bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Apalagi jika Ibu telah menyiapkan segalanya dengan baik. Tapi bagaimana agar liburan jadi lebih menyenangkan?

Banyak hal yang perlu disiapkan ketika akan berlibur dengan si Kecil. Dari mulai menentukan tempat tujuan berlibur, mengecek penginapan, transportasi dan berbagai hal penting lainnya. Tapi tentu saja hal terpenting yang perlu Ibu persiapkan adalah mental Ibu dan Ayah siap untuk membawa si Kecil menikmati waktu liburan.



Persiapkan rencana berlibur sejak jauh hari. Sehingga Ibu dan Ayah bisa membuat jadwal liburan dengan matang. Ketika berlibur dengan anak usia 12-24 bulan, Ibu bisa membawanya pergi ke berbagai tempat yang dapat menambah wawasannya, misalnya ke kebun binatang atau pantai. Ingat bahwa Ibu membawa si Kecil jalan-jalan, sehingga jangan sampai ia tertidur atau kelelahan mengikuti jadwal liburan. Pastikan untuk mengecek jarak tempat wisata atau lokasinya, agar si Kecil tidak bosan dalam perjalanan.

Did you know?

”Saat mengemas perlengkapan si Kecil, cegah kebocoran di dalam tasnya dengan memasukkan obat-obatan dan perlengkapan mandi si Kecil di dalam plastik yang bisa disegel. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP



Kerjasama antara Ibu dan Ayah selama berlibur juga sangat penting. Pastikan Ibu membagi tugas menggendong, menyiapkan makanan, memandikan anak, dan lainnya

Apa saja yang harus disiapkan?
Keuntungan traveling dengan batita adalah ia sudah bisa mengonsumsi makanan orang dewasa, sehingga Ibu tidak perlu repot menyiapkan makanan untuknya. Dengan demikian, Ibu tidak perlu membawa seluruh peralatan makan si Kecil. Sebaiknya setiap akan pergi ke restoran, cek menu terlebih dahulu, pastikan ada menu makanan yang bisa disantap si Kecil.

Apa saja yang harus disiapkan jika bepergian dengan menggunakan mobil, kereta api atau pesawat terbang bersama batita? Simak tip berikut:

Traveling dengan pesawat terbang :
- Bawa makanan kecil, minuman atau permen untuk bekal di pesawat. Permen/minuman dapat diberikan pada saat take off dan landing untuk mengurangi tekanan udara. 
- Siapkan ear plug agar telinganya tidak sakit saat mengalami tekanan udara di kabin.
- Bawa mainan favoritnya. Beberapa penerbangan selalu menyediakan goody-bag untuk anak kecil. Namun ada baiknya Ibu menyiapkan mainan favorit untuk membuatnya sibuk.
- Siapkan tas khusus untuk keperluan si Kecil, agar Ibu tidak repot.
-Jika bepergian ke luar negeri, pastikan si Kecil telah mendapatkan imunisasi standarnya. 
- Bawa stroller yang ringan dan baby sling (gendongan bayi) agar tidak merepotkan Ibu.
- Pastikan Ibu telah mengecek cuaca di tempat tujuan.

Traveling dengan mobil/ kendaraan di darat
- Jika bepergian dengan mobil, pastikan untuk berhenti setelah 2 jam untuk pergi ke toilet, memberi makan dan mengajak si Kecil untuk bermain sebentar.
- Jika memungkinkan, sebaiknya perjalanan dilakukan menjelang waktu tidurnya agar ia tidak rewel atau kelelahan.
- Siapkan tas berisi mainan favoritnya. Berikan mainan satu demi satu agar ia tidak bosan.
- Siapkan CD lagu kesukaannya, jangan ragu untuk menyanyikan lagu tersebut agar ia tidak bosan.
- Siapkan bantal kecil dan selimut kecil.
- Jika bepergian dengan mobil, siapkan car seat.
- Jika pergi dengan kereta, pastikan Ibu membawa tas perlengkapan si Kecil yang berisi makanan, popok, tisu basah, dan lainnya.

Daftar barang untuk dibawa saat berlibur:
- Jaket
- Sepatu dan kaus kaki
- Piyama
- Selimut kecil
- Topi
- Popok
- Krim popok
- Obat-obatan
- Tabir surya
- Celemek makan
- Mainan
- Botol minum
- 1 set peralatan makan
- Sabun pencuci alat makan
- Cemilan

Jaga kesehatan tubuh si Kecil dengan asupan nutrisi yang optimal untuk masa pertumbuhannya. Klik di sini untuk informasi menariknya.

car seat

facebook-logo twitter-logo