taboola SHOULD HIGH ENERGY INFANT FORMULA BE GIVEN AT FULL STRENGTH FROM ITS FIRST DAY OF USAGE? : Jurnal Online
For Professional Healthcare
Home
Webinar
Jurnal Online
Artikel
Produk

SHOULD HIGH ENERGY INFANT FORMULA BE GIVEN AT FULL STRENGTH FROM ITS FIRST DAY OF USAGE?

Evans S

et al. J Hum Nutr Diet 2006; 19: 191-7.

Latar Belakang

Untuk mengevaluasi toleransi makan energi tinggi formula bayi (HEIF) 1 kkal/mL untuk bayi dengan gangguan pertumbuhan, beratnya 2,5–8 kg, apakah lebih baik diberikan penuh sejak hari pertama atau dilakukan secara bertahap?

Metode dan Sampel

Double blind randomized controlled trial, 18 orang mendapatkan IInfatrini penuh sejak hari pertama dan 12 orang mendapatkan IInfatrini secara bertahap. Pemantauan dilakukan selama 2 minggu.

Pemantauan: toleransi terhadap IInfatrini (muntah dan volume Infatrini yang dapat diterima), Berat, panjang, lingkar kepala, dan lingkar lengan tengah atas dicatat pada saat perekrutan dan setelah 2 minggu.

Hasil :

Toleransi dan penyerapan pada usus dalam 2 hari pertama secara signifikan lebih tinggi pada kelompok dengan pemberian Infatrini penuh sejak awal dibandingkan dengan kelompok yang diberikan secara bertahap (p =0,02); bayi yang lebih muda (<12 minggu) lebih toleransi terhadap pemberian Infatrini pada kelompok yang diberikan secara penuh sejak awal setelah pemberian hari kedua (Spearman's corellation = - 0,5; p= 0,04); dan bayi dengan asupan energi total yang lebih tinggi lebih dapat mentoleransi Infatrini setelah 4 hari (Spearman ‘s correlation = 0,48; P = 0,01). Tidak ada perbedaan yang signifikan terkait muntah dan pertumbuhan pada kedua kelompok.

Kesimpulan :

Pemberian Infatrini secara penuh sejak awal dapat ditoleransi pada anak usia < 12 bulan. Tetapi, untuk bayi dibawah usia 12 minggu sebaiknya diberikan pengenalan terlebih dahulu sehingga dapat mengurangi frekuensi muntah