taboola RANDOMIZED COMPARISON OF A NUTRIENT-DENSE FORMULA WITH AN ENERGY-SUPPLEMENTED FORMULA FOR INFANTS WITH FALTERING GROWTH : Jurnal Online
For Professional Healthcare
Home
Webinar
Jurnal Online
Artikel
Produk

RANDOMIZED COMPARISON OF A NUTRIENT-DENSE FORMULA WITH AN ENERGY-SUPPLEMENTED FORMULA FOR INFANTS WITH FALTERING GROWTH

Clarke SE

et al. J Hum Nutr Diet 2007; 20: 329-39.

Latar Belakang :

Praktik penambahan energi pada formula bayi standar untuk bayi yang mengalami faltering growth merupakan hal yang umum dilakukan secara luas. Praktik ini meningkatkan kepadatan energi namun dapat mengganggu rasio protein: energi, dan dapat meningkatkan risiko kontaminasi mikroba, juga kesalahan dalam pernyiapan formula. Studi ini dilakukan untuk membandingkan efektivitas formula padat nutrisi/nutrient-dense formula (NDF*) dengan formula yang disuplementasi energi/energy-supplemented formula (ESF) pada bayi yang mengalami faltering growth.

Metode dan Sampel :

Open parallel Randomized controlled trial, 49 bayi yang mengalami faltering growth dibagi secara random ke dalam 2 kelompok; mendapatkan NDF (4.2 kJ/mL) dan mendapatkan ESF (4.2 kJ/mL). Dilakukan pemantauan selama 6 minggu, data terkait antropometri, biokimia, asupan susu, frekuensi BAB dan muntah.

Hasil :

Tidak ada perbedaan signifikan terkait toleransi, asupan susu, atau energi yang tercatat, namun pada kelompok NDF menerima protein 42% dan 15-40% vitamin dan mineral yang lebih tinggi (dari kelompok ESF).

Kadar turun 50% selama periode studi, menunjukkan rasio protein:energi yang kurang optimal pada kelompok ESF. Pada kelompok NDF didapati konsentrasi urea dalam darah tetap terjaga, konsentrasi kalium urin yang lebih tinggi dan tidak mengalami penurunan yang signifikan pada z-skor untuk Panjang badan, seperti yang terlihat pada kelompok ESF.

Kesimpulan :

Meningkatkan kandungan energi pada formula bayi standar tanpa meningkatkan protein dan Nutrisi mikro sebaiknya tidak dipraktikkan pada bayi dengan faltering growth.