taboola CRITICALLY ILL INFANTS BENEFIT FROM EARLY ADMINISTRATION OF PROTEIN AND ENERGY-ENRICHED FORMULA: A RANDOMIZED CONTROLLED TRIAL : Jurnal Online
For Professional Healthcare
Home
Webinar
Jurnal Online
Artikel
Produk

CRITICALLY ILL INFANTS BENEFIT FROM EARLY ADMINISTRATION OF PROTEIN AND ENERGY-ENRICHED FORMULA: A RANDOMIZED CONTROLLED TRIAL

van Waardenburg DA

et al. Clin Nutr 2009; 28; 249-55.

Latar Belakang :

Dukungan nutrisi dapat meningkatkan kondisi bayi dengan sakit kritis yang memiliki pembatasan cairan, intoleransi pencernaan, dan gangguan pemberian makan. Formula bayi yang diperkaya dengan energi dan protein (ENDF) dapat membantu untuk mencapaitarget nutrisi lebih awal pada waktu masuk rumah sakit dan meningkatkan anabolisme.

Metode dan Sampel :

Desain studi adalah randomized controlled. Bayi dengan kegagalan saluran nafas akibat RSV-bronchiolitis menerima . formula bayi yang diperkaya dengan energi dan protein (ENDF) (n = 8) atau menerima formula bayi standar (SIF) (n = 10) selama 5 hari setelah masuk rumah sakit. Luaran utama: asupan energi, keseimbangan energi dan nitrogen, dan konsestrasi asam amino dalam plasma. Luaran sekunder: toleransi dan keamanan.

Hasil :

Asupan nutrisi lebih tinggi pada kelompok ENDF dan mencapai asupan referensi populasi/population reference intake (PRI) pada hari 3-5. Pada kelompok SIF, PRI tercapai pada hari ke-5. Keseimbangan nitrogen kumulatif/cumulative nitrogen balance (cNB) dan keseimbangan energi kumulatif/energy balance cumulative (cEB) lebih tinggi pada kelompok ENDF dibandingkan kelompok SIF (cNB: 866±133 vs 296±71 mg/kg; cEB: 151±31 vs 26±17 kcal/kg, keduanya p < 0.01 ). Kadar asam amino esensial lebih tinggi pada kelompok ENDF namun masih dalam batas referensi, sedangkan pada kelompok SIF kadarnya di bawah batas referensi. Kedua formula dapat ditoleransi dengan baik.

Kesimpulan :

Pemberian awal formula yang diperkaya dengan protein dan energi pada bayi yang sakit kritis dapat ditoleransi dengan baik, meningkatkan asupan nutrisi yang lebih adekuat dan meningkatkan keseimbangan energi dan nitrogen tanpa efek yang tidak diinginkan.