PARENTING ARTICLES

/

OTHERS

Article Tablet Article Mobile

Redakan Rasa Takut Menghadapi Persalinan

Melahirkan untuk pertama kali, mungkin akan membuat Ibu merasa khawatir atau takut. Berikut tips untuk meredakan ketakutan Ibu dalam menghadapi persalinan.

Ketakutan yang Ibu alami jelang persalinan merupakan perasaan yang wajar. Hal ini merupakan bagian dari rasa gugup bercampur rasa bahagia karena si Kecil akan segera lahir. 

 

Tetap Percaya Diri 
Karena belum mengerti dan belum pernah mengalami persalinan, kebanyakan Ibu akan stres dan gelisah. Tapi jangan merasakan takut yang berlebihan. Ibu bisa mulai mencari tahu apa saja yang harus disiapkan menjelang persalinan, saat persalinan dan sesudahnya.
Kalau sudah memiliki pengetahuan yang mendalam soal persalinan, biasanya rasa percaya diri Ibu juga akan mulai terbangun dan Ibu akan lebih berani menghadapinya.  
Ibu bisa mulai membuat rencana persalinan, memilih pendamping ketika Ibu melahirkan, mempersiapkan nama hingga mempersiapkan isi tas yang akan dibawa ketika persalinan.
Mengikuti kelas prenatal juga akan membuat Ibu merasa lebih percaya diri untuk menghadapi persalinan, karena di dalamnya Ibu akan mendapatan informasi penting seputar kehamilan dan persalinan. Selain itu, Ibu bisa berbagi dengan suami akan semua kekhawatiran Ibu, agar Ibu mendapatkan dukungan yang Ibu butuhkan.