PARENTING ARTICLES

/

OTHERS

Article Tablet Article Mobile

Diet Ibu Hamil Sebelum Melahirkan

Saat menjelang melahirkan, lakukan diet Ibu hamil dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar energi tinggi, agar kuat menjalani proses melahirkan.

Akan sangat baik jika menu harian Ibu di trimester akhir kehamilan, diselingi makanan ringan setiap 1 jam sekali untuk menambah energi. 

Makanan Penambah Eneregi
Menurut jurnal bertajuk "Restricting oral fluid and food intake during labor" yang dirilis oleh Cochrane Database of Systematic Reviews. Berikut adalah daftar makanan yang mampu menambah energi Ibu dengan optimal, antara lain:
- Roti
- Kentang
- Pasta
- Buah kering
- Pisang
- Sereal
- Sup
- Yoghurt dengan kadar lemak rendah.

Berikut adalah makanan yang perlu Ibu hindari saat menjelang persalinan, antara lain:
- Buah yang asam seperti jeruk atau anggur
- Makanan yang terlalu manis

Minuman Penambah Energi
Selain makanan yang mengandung kadar energi tinggi, saat menjelang melahirkan Ibu juga membutuhkan minuman yang mampu menambah energi. Pada masa ini Ibu juga akan cepat merasa haus, karena fase-fase melahirkan akan membuat Ibu mengeluarkan banyak cairan.

Pastikan Ibu cukup mengonsumsi cairan, agar Ibu tidak dehidrasi. Ibu bisa mengonsumsi jus buah seperti apel atau mangga yang segar atau meminum secangkir teh herbal dengan madu juga bisa membuat Ibu tenang dan mengembalikan energi yang hilang.

Hindari minuman bersoda, jus jeruk, atau anggur karena mengandung asam yang akan dapat menggangu kesehatan Ibu. Konsultasikan pada dokter makanan atau minuman apa yang aman untuk Ibu konsumsi.

Apa yang Ibu konsumsi juga akan menjadi asupan bagi janin di dalam kandungan Ibu. Berikan nutrisi optimal untuk kesehatan dan perkembangan janin. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.