PARENTING ARTICLES

/

OTHERS

Article Tablet Article Mobile

5 Cara Meningkatkan Imunitas Si Kecil

Sehari-hari bayi bertemu dengan beragam jenis virus dan bakteri yang bisa membuatnya jatuh sakit. Namun sebenarnya sakit yang dialami bayi merupakan bagian dari peningkatan imunitas tubuhnya.

Sehari-hari si Kecil bertemu dengan beragam jenis virus dan bakteri yang bisa membuat si Kecil jatuh sakit. Namun sebenarnya sakit yang dialami si Kecil merupakan bagian dari peningkatan imunitas tubuhnya.

Anak-anak akan mendapatkan imunitas dengan melawan beberapa jenis bakteri, virus dan mikro-organisme. Ibu juga bisa menerapkan gaya hidup yang sehat dengan asupan gizi dan nutrisi untuk membantu si Kecil memiliki daya tahan tubuh terbaik.

Berikut 5 kebiasaan sehat untuk Ibu terapkan agar imunitas si Kecil meningkat:

Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran
Wortel, kacang polong, jeruk, stroberi dan jeruk mengandung fitonutrient seperti vitamin C dan karoten yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Ini sangat berperan untuk produksi sel darah putih dan antibodi yang melindungi permukaan sel agar kuat melawan virus.


Biasakan Tidur Cukup dan Berkualitas
Biasakan si Kecil memiliki jadwal tidur yang teratur. Studi menunjukan bahwa orang yang tidak memiliki jadwal tidur teratur lebih mudah terserang penyakit. Ini disebabkan karena sel alami yang mampu melawan virus jadi lebih lemah, sementara kita membutuhkan sel tersebut agar terhindar dari serangan mikroba dan sel kanker. 

Berikan ASI Pada Si Kecil
ASI mengandung antibodi dan sel darah putih yang mampu meningkatkan imunitas si Kecil. ASI mampu menjaga si Kecil dari alergi, infeksi telinga, diare, pneumonia, meningitis, infeksi saluran kemih dan lainnya. 

Lindungi Si Kecil Dari Penyebaran Bakteri
Melawan bakteri tidak termasuk sebagai upaya meningkatkan imunitas, namun ini adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas imun si Kecil. Pastikan si Kecil selalu berada di lingkungan yang bersih, perhatikan kebersihan peralatan makan dan minum. Biasakan mengelap tubuh si Kecil saat sedang berada di luar ruangan dengan tissue basah.

Jangan Biarkan Si Kecil Menjadi Perokok Pasif
Ibu sebaiknya menjaga lingkungan si Kecil agar bebas asap rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 jenis racun, yang sebagian besarnya bisa merusak atau membunuh sel di dalam tubuh. Si Kecil lebih berisiko bila terkena asap rokok, karena ia bernafas lebih cepat dibandingkan orang dewasa.