PARENTING ARTICLES

/

FEED

Article Tablet Article Mobile

Tips Untuk Produksi ASI Lancar

Memahami Mekanisme ASI Agar ASI Menjadi Lancar 
Memahami mekanisme keluarnya ASI, membantu Ibu agar dapat menyusui dengan lancar. Dalam masa menyusui terjadi beberapa refleks dari Ibu dan bayi yang penting untuk diketahui. 

 

Usaha memberikan ASI tentunya membutuhkan kesabaran Ibu dalam belajar untuk menyusui, memerah dan mengenal kecenderungan perilaku si Kecil ketika disusui.

 

Tidak hanya Ibu, si Kecil juga sedang beradaptasi. Bayi belajar menyusui dan merangsang produksi ASI sementara Ibu belajar menyusui dan menghasilkan ASI
Semakin teratur dan lama hisapan bayi, kian banyak pula susu yang akan Ibu hasilkan. Inilah yang membuktikan bahwa hubungan batin Ibu dan si Kecil akan menjadi salah satu kunci dalam proses menyusui. Kunci keberhasilan lain dalam proses menyusui yaitu ketenangan diri dan melakukannya dengan senang hati. Suasana yang santai dan penuh percaya diri akan membantu kelancaran aliran air susu. 

 

Di sisi lain yang perlu dipahami berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hanya 2% Ibu yang secara biologis kurang produksi ASI-nya. Sisanya, 95-98% dapat menghasilkan ASI cukup buat bayinya. Berangkat dari pemahaman itu, Ibu tentu akan menjadi tenang dalam menyusui. Menyusui merupakan hal yang istimewa bagi Ibu dan si Kecil, selain untuk menjaga kesehatan Ibu dan si Kecil, menyusui juga melekatkan ikatan emosi lebih dalam.