PARENTING ARTICLES

/

FEED

Article Tablet Article Mobile

Tingkatkan Kualitas Air Susu Ibu

Air Susu Ibu (ASI) memiliki beragam keajaiban dan memberikan banyak manfaat baik bagi bayi. ASI merupakan pilihan asupan terbaik, karena mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan bayi.

Karena ASI sangat penting dalam mengoptimalkan perkembangan si Kecil, maka Ibu perlu menjaga kualitas ASI dan meningkatkan ragam manfaatnya.

Mengonsumsi Makanan Sehat yang Seimbang
Buah dan sayuran memiliki banyak nutrisi sehat yang mampu mempengaruhi kualitas ASI. Variasikan buah dan sayuran untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari. Dalam memproduksi ASI, tubuh Ibu memerlukan 8 - 10 gelas cairan per hari. Karena itu, Ibu sebaiknya mengonsumsi air mineral dalam komposisi tepat agar tubuh selalu terhidrasi. 

Asupan Vitamin dan Mineral Seimbang
Di saat menyusui, Ibu membutuhkan asupan seimbang vitamin dan mineral. Beberapa vitamin dan mineral penting bagi Ibu di saat menyusui adalah kalsium, vitamin D, asam folat dan zat besi.

Meski nutrisi ini bisa didapatkan melalui asupan makanan bergizi seimbang, susu khusus ibu menyusui dan suplemen bisa bantu Ibu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Untuk dosis harian dari suplemen yang Ibu butuhkan, konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter.

Hindari Kontaminasi pada ASI
Kurangi risiko terjadinya kontaminasi pada ASI dengan berhati-hati terhadap makanan yang Ibu konsumsi. Ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya kontaminasi pada ASI:

- Konsumsi banyak variasi makanan, agar Ibu tidak mengonsumsi satu jenis makanan yang ternyata mengandung kadar pestisida tinggi.
- Kenali buah dan sayuran yang memiliki kadar pestisida yang tinggi. Setiap akan mengonsumsi, cuci buah dan sayur hingga bersih, lalu kupas kulit buah.
- Bila memakan daging, buang kulit dan lemak ekstra di daging. Ada banyak zat kimia tersimpan di lemak daging.


Sumber:
- Labbok et al. IBJ, 2013; 8:5
- Wambach. Sudbury, 2010; 4th edition