PARENTING ARTICLES

/

FEED

Article Tablet Article Mobile

Posisi Terbaik Untuk Menyusui

Belajar untuk memegang dan menopang si Kecil membutuhkan koordinasi dan kesabaran ekstra. Berikut adalah pilihan posisi menyusui yang bisa Ibu terapkan.

1. Cradle Hold
Pada posisi ini, Ibu menopang kepala si Kecil dengan bagian sudut dalam lengan Ibu. Posisi ini biasanya pas untuk si Kecil yang lahir dengan cara normal.

2. Cross-over Hold
Tidak seperti Cradle Hold, bagian sudut dalam lengan Ibu menopang tubuh si Kecil dan menggunakan tangan Ibu untuk menopang kepalanya. Posisi ini pas untuk bayi yang mungil dan si Kecil yang bermasalah dengan menyusui.


3. Football Hold
Seperti sedang memegang bola, Ibu memposisikan tubuh si Kecil di bawah ketiak Ibu di sisi yang sama dengan sisi payudara yang sedang disusui. Ibu bisa menggunakan posisi ini jika Ibu melakukan bedah caesar, untuk menghindari si Kecil berada di atas perut Ibu.

4. Lying Down
Posisi ini mudah dilakukan, hanya dengan merebahkan tubuh Ibu pada salah satu sisi. Ibu bisa menambahkan bantal di bagian punggung untuk menopang tubuh Ibu. Posisi ini pas jika Ibu sedang memulihkan diri dari bedah caesar, capek duduk, atau jika sedang menyusui si Kecil yang sedang tidur di malam hari maupun siang hari.