taboola Expert Advisor - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kembali

Pertanyaan Mama dan Papa

Nutrisi Khusus

Apa ciri-ciri anak alergi susu sapi

Ciri-ciri alergi berbeda-beda setiap anak. Gejala alergi dapat muncul di sistem pencernaan (muntah, diare, sembelit, kolik), sistem pernapasan (batuk, sesak napas, pilek, bersin-bersin) atau pada kulit (bentol atau ruam merah disertai gatal, dll). Simak informasi selengkapnya seputar alergi pada si Kecil di link berikut https://www.nutriclub.co.id/cegah-alergi-sekarang/ dan untuk lebih jelasnya Mama dapat berkonsultasi dengan Dokter.

Apakah anak dengan alergi makanan berisiko kekurangan zat gizi tertentu? Bagaimana mengakalinya?

Kondisi alergi makanan tidak boleh menghentikan Mama memberikan makanan bergizi seimbang untuk anak. Apabila alergi terhadap bahan makanan tertentu, Mama bisa menggantinya dengan bahan makanan lainnya. Contohnya, jika alergi ikan dan telur dapat diganti dengan sumber protein lain seperti daging atau ayam. Jika alergi susu sapi atau bahan makanan lainnya Mama juga dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi alergi yang dialami si Kecil

Apa perbedaan anak mengalami alergi susu atau intoleransi laktosa..?

Alergi susu dan intoleransi laktosa merupakan dua kondisi yang berbeda. Alergi susu sapi disebabkan oleh respon imun tubuh yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap protein susu sapi sementara intoleransi laktosa disebabkan karena enzim laktase yang diproduksi oleh tubuh tidak cukup atau kurang untuk mencerna laktosa dari susu sapi. Untuk lebih jelasnya Mama dapat berkonsultasi dengan Dokter.

Bagaimana pemberian MPASI di masa pandemi untuk si Kecil yg memiliki riwayat alergi protein susu sapi?

Komposisi nutrisi MPASI yang diberikan tetap harus mengandung gizi yang adekuat untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil yang pesat. Apabila Si Kecil memiliki riwayat alergi susu sapi hindari bahan makanan yang mengandung protein susu sapi serta turunannya seperti keju, yoghurt dll.

Apakah Mama hamil boleh berpuasa? Apa saja nutrisi yang harus dipenuhi selama menjalani puasa.

Hai Mama, setiap kondisi kehamilan berbeda-beda. Kami menyarankan agar Mama bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter atau bisa untuk mengetahui kondisi Mama saat ini terkait dengan puasa yang ingin Mama jalankan. Pastikan selama kehamilan Mama cukupi kebutuhan gizi harian, cukupi kebutuhan air putih, hindari stress ya Ma.

Pada bayi umur 50 hari, dipipinya ada bintik-bintik kemerahan. Apa boleh saya gunakan salep untuk mengatasi bintik kemerahan tersebut?

Pada umumnya bintik merah bisa disebabkan karena gigitan serangga, ruam karena air liur, biang keringat, infeksi bakteri, gejala alergi atau faktor lainnya. Untuk penggunaan obat sebaiknya Mama berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan diagnosa yang tepat serta rekomendasi penanganan sesuai dengan kondisi si Kecil saat ini.

Anak saya usia 1 tahun hampir setiap bulannya sering sekali batuk pilek?

Batuk dan pilek bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti daya tahan tubuh sedang menurun, infeksi virus, adanya indikasi alergi, dll.

Agar si Kecil tetap selalu sehat Mama dapat berikan menu harian yang bergizi seimbang terutama makanan yang mengandung vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Vitamin C banyak terdapat pada buah dan sayur seperti brokoli, jambu biji, kiwi, jeruk, stroberi, dll. Berikan si Kecil makanan utama 3 kali dan camilan 2 kali sehari. Selain itu cukupi asupan cairan si Kecil, istirahat yang cukup pastikan waktu tidur si Kecil tidak kurang.

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil yang memiliki riwayat alergi makanan seperti telur dan susu?

Makanan yang harus dihindari pada si Kecil dengan alergi telur dan susu (sapi) adalah telur dan makanan-makanan yang mengandung protein susu sapi seperti keju, krim keju, yogurt dan produk susu lainnya. Mama masih dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dari bahan makanan sumber lainnya seperti ayam, daging sapi, dan ikan.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, pemberian asupan harus diperkuat sesuai gizi seimbang, pemberian makan sesuai dengan jadwal (3x makan, 2x snack/buah, 2-3x susu pertumbuhan anak). Bahan makanan sumber yang mengandung vitamin C (jeruk, kiwi, jambu biji, brokoli), vitamin D (minyak ikan kod, salmon, susu yang difortifikasi) dan vitamin E (kacang-kacangan, minyak sayur) serta Zink/Seng (daging, seafood, ati ayam, kacang-kacangan) diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Suplementasi vitamin dan mineral dapat diberikan sesuai indikasi dan sebaiknya dikonsultasikan dulu pada dokter.

Anak yang alergi makanan tertentu apakah seharusnya menghindari makanan jenis tersebut atau sebaiknya diberikan terus supaya menjadi kebal?

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan dulu kepada si Kecil sebelum ia mencapai usia tertentu. Hal ini bertujuan untuk menghindari meningkatnya risiko alergi sampai sistem kekebalan tubuhnya terbentuk. Apabila Mama ingin memperkenalkan makanan baru yang dapat memicu timbulnya alegi Mama dapat memberikan makanan tersebut secara bertahap dalam jumlah porsi yang kecil dan perkenalkan 1 jenis makanan saja tidak mencampur 2 jenis makanan dalam waktu bersamaan. Hindari makanan yang di berikan tambahan pewarna, pengawet, aroma, rasa, ini juga dapat memicu alergi pada siKecil. Seiring bertambahnya usia alergi si Kecil akan berkurang gejalanya. Jika menurut Mama , si Kecil masih mengalami alergi makanan segera konsultasikan ke dokter, untuk memastikan kondisi dan kesehatannya.

Cara mencegah anak nantinya mengalami alergi, apa yang sebaiknya saya lakukan di masa hamil?

Untuk Pencegahan alergi pada saat kehamilan Mama bisa mulai dari konsumsi jenis makanan yang beragam agar janin dalam kandungan bisa mengenal berbagai jenis makanan. Namun jika Mama memiliki alergi dengan makanan tertentu, sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Selain itu hindari paparan asap rokok dan juga polusi.

Apakah benar kalau saya alergi telur anak saya juga alergi dengan telur?

Alergi memang bisa bersifat genetik, si Kecil bisa saja mewariskan alergi yang dimiliki oleh orang tuanya namun bisa juga tidak. Meskipun alergi bersifat genetik, tetapi alergi juga dapat dipengaruhi oleh sistem imun. Oleh sebab itu penting menjaga sistem imun si Kecil agar terhindar dari gejala alergi.

Bagaimana untuk pemberian MPASI di masa pandemi dengan bayi yang memiliki riwayat alergi susu sapi?

Secara prinsip tidak ada perbedaan cara pemberian MPASI untuk si Kecil dengan alergi susu sapi maupun yang tidak alergi susu sapi. Komposisi nutrisi MPASI yang diberikan tetap harus lengkap sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Hanya saja yang perlu mama hindari adalah memberikan jenis makanan yang mengandung protein susu sapi seperti keju, yoghurt, krim keju dan produk turunan susu sapi lainnya agar gejala alergi tidak muncul.

Sampai usia berapa bayi akan sembuh dari alergi susu sapi?

Umumnya di usia si Kecil 3 tahun ke atas alergi akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia dan daya tahan tubuh si Kecil. Namun untuk memastikannya, Mama dapat melakukan pemeriksaan alergi kembali dengan dokter.

Dermatis sama impetigo sama atau tidak ya?

Mama, dermatitis dan impetigo merupakan 2 kondisi yang berbeda.
Dermatitis merupakan kondisi peradangan kulit yang kronis dan menahun, disertai gatal yang umumnya sering terjadi selama masa bayi dan anak-anak. Nah, umumnya juga disebut sebagai ruam alergi dan biasanya timbul karena reaksi imunitas, sehingga kemunculannya akan bergantung pada daya tahan tubuh si Kecil.
Sedangkan impetigo adalah infeksi kulit menular yang banyak dialami oleh bayi dan anak-anak. Infeksi ini umumnya ditandai dengan kemunculan bercak merah dan lepuhan pada kulit, terutama di bagian wajah, tangan, dan kaki. Untuk kondisi ini umumnya disebabkan karena bakteri Ma :)

Wajah anak saya terkadang muncul merah-merah dan sering digaruk-garuk. Hal ini karena apa ya?

Mama, bintik atau ruam bisa disebabkan karena gigitan serangga, ruam karena air liur, biang keringat, infeksi bakteri, gejala alergi dll. Cara mengatasi ruam kulit adalah dengan mengetahui penyebab dari ruam tersebut. Mama bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui penyebab ruam pada si Kecil dan cara mengatasinya.

Kalau mimisan sesekali aja tidak sering, apa termasuk alergi juga?

Mama, mimisan sesekali biasanya karna kering di bagian hidung, udara kering, mengorek bagian hidung terlalu dalam, ada benda asing yang masuk seperti debu-debu yang cukup besar atau pilek.

comment-icon comment-icon