Kenali Ciri Bayi Prematur Sehat dan Cara Menjaga Kesehatannya - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

Kenali Ciri Bayi Prematur Sehat dan Cara Menjaga Kesehatannya

Article By : Dewa Aji Panggalih

Reviewer : dr. Kevin Adrian Djantin

Karena dilahirkan lebih cepat dari waktu perkiraan lahirnya, bayi prematur rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Hal ini karena organ tubuhnya belum siap bekerja di luar kandungan ibu. Namun, bayi prematur kadang juga dapat tumbuh dan berkembang dengan normal layaknya bayi sehat.

Bayi prematur membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra karena kondisi tubuhnya cenderung lebih lemah dibandingkan bayi cukup bulan. Namun, asalkan dirawat dengan baik, bayi yang lahir prematur juga bisa sehat layaknya bayi normal.

Ketahui Ciri Bayi Prematur Sehat

Ciri bayi prematur sehat sebenarnya tidak berbeda jauh dengan ciri bayi sehat pada umumnya. Hanya saja, bayi prematur memang memiliki ukuran tubuh dan berat badan yang lebih kecil dan perkembangan yang lebih lambat dibandingkan bayi yang lahir cukup bulan.

Meski tahap tumbuh kembangnya terlambat atau sedikit tertinggal dibandingkan bayi cukup bulan, bayi prematur bisa saja berada dalam kondisi yang sehat dan bugar.

Berikut ini adalah beberapa ciri bayi prematur yang sehat:

  • Bernapas secara normal tanpa alat bantu. Hal ini menandakan bahwa sistem pernapasannya dapat bekerja dengan baik.

  • Berat badan meningkat secara stabil. Peningkatan berat badan bayi prematur sesuai target menandakan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

  • Buang air sebanyak 8-10 kali sehari. Ini menandakan bayi prematur mendapatkan ASI yang cukup.

  • Responsif terhadap gerakan, suara, dan sentuhan, yang menjadi tanda bahwa indra penglihatan dan pendengarannya berkembang dengan baik.

  • Mampu menopang berat badan saat duduk, merangkak, atau berdiri, seiring pertambahan usianya.

  • Bisa melakukan kontak mata, tersenyum, dan menunjukkan ekspresi saat bermain atau berinteraksi dengan orang lain.

Namun, Mama perlu lebih cermat dalam memantau kondisi kesehatan Si Kecil yang lahir prematur. Begitu ia menunjukkan gejala masalah kesehatan tertentu, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar dapat ditangani sedini mungkin.

Begini Cara Menjaga Kesehatan Bayi Prematur

Untuk membantu Si Kecil terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, Mama bisa menerapkan cara menjaga kesehatan bayi prematur berdasarkan situasi berikut ini:

1. Menjaga kesehatan bayi prematur di tempat umum

Jika ingin membawa Si Kecil ke luar rumah, pilihlah tempat yang sejuk, bersih, dan bebas dari polusi, asap, atau debu. Sebisa mungkin hindari tempat yang ramai, seperti mall, pasar, dan bioskop, karena bisa meningkatkan risiko Si Kecil tertular kuman penyebab penyakit.

Saat akan membawa Si Kecil keluar rumah, pastikan pakaian yang ia kenakan tidak terlalu tebal tapi tidak juga terlalu tipis. Pilihlah pakaian berbahan lembut dan dapat menutupi tubuhnya dari paparan sinar matahari.

Gunakan stroller yang aman dan nyaman untuk Si Kecil, agar ia tetap bisa tidur meski sedang di luar rumah. Pastikan rem, sabuk, kanopi, dan roda stroller berfungsi dengan baik.

Walau membawa bayi prematur ke luar rumah boleh-boleh saja, tapi akan lebih baik jika Mama menunggu dulu hingga Si Kecil berusia setidaknya 2-3 bulan.

2. Menjaga kesehatan bayi prematur ketika berpergian dengan mobil

Saat Mama dan Si Kecil berpergian dengan mobil, tempatkan ia di kursi khusus bayi. Pasang kursi khusus tersebut di kursi mobil bagian belakang dan hadapkan ke arah belakang mobil.

Mengingat bayi prematur umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, kursi mobil khusus bayi yang umum dijual mungkin akan kebesaran bagi tubuh Si Kecil. Untuk menyiasatinya, Mama bisa menambahkan handuk atau selimut yang digulung di atas kursi. Setelah itu, pastikan kepala dan tubuhnya tidak merosot saat duduk.

Jika Mama yang mengemudi, ajaklah Papa, pengasuh, atau salah satu anggota keluarga untuk menjaga Si Kecil di kursinya. Namun, bila Papa yang mengemudi, maka Mamalah yang bertugas mengawasi Si Kecil selama perjalanan.

Ingat, jangan pernah meninggalkan Si Kecil sendirian di dalam mobil, meski hanya sebentar.

3. Menjaga kesehatan bayi prematur saat bersama keluarga

Jika ada anggota keluarga lain yang ingin menggendong atau sekadar menyentuh Si Kecil, jangan ragu untuk meminta mereka mencuci tangan terlebih dahulu. Bila perlu, sediakan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Jika Mama atau orang lain ingin mencium Si Kecil, cukup lakukan di kakinya saja. Sebisa mungkin hindari menyentuh apalagi mencium Si Kecil di tangan dan wajahnya.

Berikan juga pengertian kepada orang lain bahwa mereka perlu menjaga jarak dengan Si Kecil apabila mereka sedang sakit.

Jika ada penghuni rumah yang perokok, mintalah ia untuk tidak merokok di dalam rumah, untuk mencegah zat berbahaya dari asap rokok terhirup oleh Si Kecil.

4. Menjaga kesehatan bayi prematur ketika ia tidur

Pastikan Si Kecil tidur dalam posisi telentang, tanpa bantal, dan di atas kasur yang tidak terlalu empuk. Membiarkan bayi tidur tengkurap, menggunakan bantal, atau tidur di kasur yang terlalu empuk bisa meningkatkan risikonya mengalami sudden infant death syndrome (SIDS).

Selain melakukan langkah-langkah di atas, Mama juga perlu memeriksakan kesehatan Si Kecil secara rutin ke dokter anak.

Pemeriksaan rutin ke dokter penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang serta kondisi kesehatan bayi prematur. Hal ini bertujuan agar penanganan dapat segera diberikan jika ia terdeteksi mengalami gangguan kesehatan.

Referensi:

Stockwell, S. (2017). Benefits of Kangroo Care for Premature Babies Contiue Into Young Adulthood. American Journal of Nursing. 117(3), pp. 15.

Kaban, R.K. Ikatan Dokter Anak Indonesia (2014). Salah Satu Penanganan Bayi Prematur yang Perlu Diketahui.

American Pregnancy Association (2019). Care For the Premature Baby.

Healthy Children, American Academy of Pediatrics (2019). Caring for a Premature Baby: What Parents Need to Know.

KidsHealth, Nemours (2015). For Parents. Taking Your Preemie Home.

KidsHealth, Nemours (2019). For Parents. When Your Baby’s Born Premature.

Fetters, K.A. & McGinnis, T.B. Parents. Kangroo Care: The Benefits Skin-to-Skin Contact.

Parents. 8 Signs of Healthy Baby.

Cleveland Clinic (2017). 5 Dangers of Thirdhand Smoke – Especially to Children, Non- Smokers.

Mayo Clinic (2017). Diseases and Conditions. Premature Birth.

Family Doctor, American Academy of Family Physicians (2017). Caring for Your Premature Baby.

Higuera, V. Healthline (2016). Premature Birth Complications.

Brown, S. Verywell Family (2019). When Can Your Newborn Go Outside?

Davis, S. WebMD (2015). Can I Take My Newborn Outside?

Griffin, R.M. WebMD (2011). Protecting Your Baby From Other People's Germs