Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

5 Manfaat Berjemur Bagi Si Kecil Yang Perlu Mama Ketahui

Sinar matahari dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia, baik itu untuk orang dewasa maupun si Kecil. Namun, Mama perlu memperhatikan waktu yang terbaik untuk si Kecil berjemur agar tidak terkena dampak buruk dari sinar tersebut.

Kapan Waktu Yang Pas Untuk Si Kecil Berjemur?

Menurut anjuran dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), waktu berjemur yang tepat untuk si Kecil adalah sebelum jam 10 pagi dan jam 4 sore, karena matahari pada jarak waktu tersebut memiliki jumlah radiasi sinar UVB paling tinggi. Jangan lupa agar Mama mengenakan pakaian pada si Kecil, pelindung kepala dan juga tabir surya khusus untuk anak (minimal SPF 15) agar si Kecil dapat merasakan manfaat yang baik dari sinar matahari dengan berjemur selama 10-15 menit.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari sinar matahari yang baik untuk kesehatan si Kecil.

1. Kaya Akan Vitamin D

Vitamin D dapat dibentuk oleh tubuh jika mendapatkan stimulus yang tepat. Salah satunya adalah melalui sinar matahari. Kandungan vitamin D yang terdapat pada sinar matahari dapat membangun sistem imunitas, memperkuat tulang dan juga gigi si Kecil, sehingga hal ini sangat baik untuk pertumbuhan dirinya. Mama juga bisa membaca artikel lain dari Nutriclub mengenai “cara mendapatkan cukup vitamin D selama si Kecil di rumah”.

2. Meningkatkan Produksi Serotonin/Hormon Bahagia

Sinar matahari juga dapat meningkatkan produksi serotonin atau yang biasa disebut dengan hormon bahagia, sehingga hal ini akan menciptakan perasaan aman dan bahagia pada si Kecil. Selain itu, serotonin juga dapat membantu dalam menjaga pencernaan yang lebih baik.

3. Mencegah Penyakit Kuning

Si Kecil yang baru lahir beresiko mengalami penyakit kuning, karena kadar bilirubin dalam tubuh yang berlebihan dan fungsi hati yang tidak terkontrol. Dengan berjemur, sinar matahari pagi dapat membantu memecah bilirubin dalam darah, sehingga dapat membuat kadarnya menurun dan kembali normal.

4. Meningkatkan Kadar Insulin

Manfaat keempat yang si Kecil rasakan dari berjemur adalah sinar matahari pagi dapat membantu untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh, sehingga hal ini dapat mencegah diabetes.

5. Memiliki Lebih Banyak Energi

Berjemur sinar matahari akan membantu tubuh dalam mengatur produksi melatonin, yaitu hormon alami yang berperan untuk menjaga siklus tidur. Kadar tersebut dapat membuat pola tidur si Kecil menjadi lebih baik. Selain itu, sinar matahari juga dapat meningkatkan energi pada tubuhnya.

Banyak sekali bukan manfaat dari berjemur yang bisa si Kecil rasakan? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Mama untuk menjaga kesehatan dan juga pertumbuhan dari si Kecil.

facebook-logo twitter-logo

- https://parenting.firstcry.com/articles/7-amazing-benefits-of-sunlight-for-newborn-babies/ (FirstCry Parenting) 
- https://www.babycenter.com/0_sun-safety_64897.bc (Baby Center) 
- https://www.babycenter.com.au/a553935/keeping-your-baby-safe-in-the-sun (Baby Center) 
- https://www.babycenter.com/0_vitamin-d-in-your-childs-diet_10324696.bc (Baby Center) 
- https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/baby-sunscreen/faq-20058159 (Mayo Clinic) 
- https://www.health.harvard.edu/blog/how-to-treat-a-childs-sunburn-2018070314178 (Harvard Medical School) 
- http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/menjemur-bayi-dengan-tepat (Ikatan Dokter Anak Indonesia)
- https://www.caringforkids.cps.ca/handouts/vitamin_d (Canadian Paediatric Society - Caring for Kids) 
- https://www.healthypregnancy.com/direct-sunlight-a-health-benefit-for-newborns/ (Healthy Pregnancy)