Ibu Butuh Waktu untuk Sendirian - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Psikologis

Ibu Butuh Waktu untuk Sendirian

Dengan kesibukan sebagai ibu baru dan istirahat yang tak menentu, wajar bila terkadang ibu merasa ingin punya waktu sendirian.

Ada banyak alasan kenapa Ibu juga butuh waktu untuk sendirian, di tengah kesibukannya sebagai ibu baru, mengurus si Kecil dan dengan waktu istirahat Ibu yang kurang. Antara lain adalah:

  • Istirahat satu jam dari tugas Ibu, dapat membantu untuk mengisi kembali energi Ibu. 
  • Ibu jadi memiliki kesempatan melakukan hal-hal yang Ibu sukai sejak sebelum hamil. Misalnya menggambar, bermain musik, berbelanja, bermain alat musik dan lainnya.
  • Menghabiskan waktu bertemu sahabat untuk bercakap-cakap dengan mereka sangatlah bagus. Ibu perlu berbagi kisah sebagai perempuan dewasa, setelah hari-hari Ibu banyak dilewati berbicara dengan bayi.
  • Setelah menikmati waktu untuk bersantai, Ibu bisa kembali mengurus si Kecil dalam keadaan segar dan antusias. 

Jadi ajaklah sahabat dan keluarga Ibu untuk membantu. Rencanakan waktu Ibu untuk 'beristirahat' dan lakukan hal-hal yang sangat Ibu inginkan atau perlukan. Penting bagi Ibu untuk istirahat.

Did you know?

”Aktivitas tidur si Kecil bisa memberikan Ibu waktu untuk beristirahat dan merasa rileks, karena Ibu tahu si Kecil sedang tidur dengan tenang. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Temuilah Sahabat dan Keluarga Ibu

Bicara dengan sahabat atau rekan sebaya Ibu yang memiliki fase yang sama dengan Ibu dapat membantu. Ibu dapat berbagi kecemasan, pengalaman, atau bahkan membicarakan hal-hal di luar perkembangan si Kecil. Selain para anggota keluarga dan sahabat, Ibu juga bisa menemui beberapa orang baru, untuk memberikan penyegaran cara pandang. Ibu bisa bersosialisasi dengan teman baru dengan cara-cara berikut ini:


  • Cobalah ikut perkumpulan bayi dan ibu, seperti kelas senam bayi atau perkumpulan pasca kelahiran. Beginilah cara yang menyenangkan untuk menjaga agar si Kecil aktif, keluarlah dan temuilah para orang tua baru lainnya. 
  • Banyak tempat atau media yang memiliki perkumpulan Ibu dan bayi. Kunjungi acara yang diselenggarakan di mal-mal dekat daerah Ibu, sehingga Ibu bisa bertemu teman baru. Cari tahu mengenai klub atau forum ibu dan anak dan bergabunglah. Ikut terlibat dalam komunitas ibu dan bayi akan sangat membantu.
  • Hubungi para ibu yang Ibu temui di kelas prenatal atau kamar bersalin. 
  • Ibu juga bisa bertemu dengan para ibu baru lainnya yang berada dalam tahap yang sama dalam menjadi orang tua, memiliki anak yang usianya sama dengan anak Ibu atau tinggal di dekat Ibu melalui forum Nutriclub.

Penyegaran Tubuh dan Pikiran

Selain bersosialisas atau melakukan aktivitas yang memang menjadi hobi Ibu sejak belum hamil si Kecil. Ibu juga bisa melakukan beberapa kegiatan di bawah ini untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran Ibu. Antara lain:

  • Membaca buku yang Ibu sukai
  • Menonto film baik di DVD maupun pergi ke bioskop
  • Berendam air panas dengan aroma spa yang menenangkan
  • Pergi ke day-spa atau salon favorit Ibu