Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

4 Tips Melatih Kemampuan Berfikir Anak yang Perlu Mama Lakukan

Semua orang tua menginginkan hal terbaik untuk anaknya agar si Kecil bisa menjadi tangguh dan siap menghadapi masa depan. Semua ini bisa di mulai dari segi kesehatan, mental yang tangguh hingga kemampuan berpikir anak yang baik. Sebenarnya, perkembangan kemampuan berpikir anak sudah dimulai sejak si Kecil baru lahir hingga si Kecil menginjak usia remaja. Namun, kemampuan berpikir anak mulai cukup matang pada umur 3-4 tahun.

Pada usia 3-4 tahun, si Kecil memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah secara sederhana. Terlebih, si Kecil bisa melakukan hipotesis, menguji, menganalisis hingga melakukan evaluasi atas setiap kegiatan yang si Kecil jalani. Kemampuan berpikir atau kognitif yang baik sangat penting untuk si Kecil karena hampir semua kegiatan yang si Kecil lakukan mulai dari berkomunikasi, berlari, hingga menggambar, semua hal di atas dipengaruhi oleh kemampuan berpikir si Kecil.

Kemampuan berpikir yang baik akan membentuk pribadi si Kecil menjadi aktif dan pintar lho Ma. Ada beberapa tips yang Mama bisa lakukan untuk melatih kemampuan berpikir anak yakni antara lain sebagai berikut:

Bermain Lego dan Blok Bangunan

Tips melatih kemampuan berpikir anak yang pertama adalah dengan cara bermain blok bangunan dan lego. Lego dan blok bangunan akan merangsang kemampuan kognitif si Kecil, karena memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Lebih lanjut, bermain blok bangunan memiliki beberapa manfaat untuk si Kecil seperti meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berhitung, kreativitas hingga kepercayaan diri si Kecil.

Waktu Membaca

Ternyata memberikan si Kecil waktu membaca secara rutin dapat melatih kemampuan berpikir anak. Kegiatan membaca memang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk Papa dan Mama, kegiatan membaca juga bisa bermanfaat bagi si Kecil lho, Ma. Si Kecil akan mendapatkan beberapa manfaat seperti belajar mengingat, memecahkan masalah hingga kosa katanya bertambah setelah belajar membaca atau mendengarkan Mama membacakan buku untuk si Kecil.

Bermain Puzzle

Tips melatih kemampuan berpikir anak yang mengasyikkan adalah dengan cara bermain puzzle. Permainan puzzle memang bukan permainan baru. Permainan ini sudah ada sejak Mama masih kecil. Selain menyenangkan, ternyata bermain puzzle memiliki beragam manfaat untuk si Kecil. Beberapa manfaat puzzle untuk si Kecil seperti melatih konsentrasi, kemampuan visual, hingga meningkatkan motorik halus si Kecil. 

Pastikan Mama memberikan puzzle sesuai dengan karakter tokoh favoritnya dan coba dengan yang paling mudah, dengan begitu si Kecil akan bersemangat dan antusias saat bermain.

Bermain Pretend Play

Nah, cara melatih kemampuan berpikir anak yang tidak kalah menarik adalah dengan cara pretend play. Kegiatan ini adalah permainan yang umumnya digemari anak-anak. Mama hanya perlu menyediakan mainan atau peralatan yang ada di rumah untuk si Kecil mainkan, si Kecil akan berpura-pura menjadi dokter, koki atau bahkan menjadi pahlawan super.

Selain menyenangkan untuk si Kecil, ternyata kegiatan pretend play memiliki banyak manfaat untuk kecerdasan berpikirnya juga lho. Kemampuan berpikir si Kecil meningkat sekaligus kemampuan berbahasa dan kemampuan memecahkan masalah setelah memainkan permainan pretend play.

Itulah 4 tips melatih kemampuan berpikir si Kecil yang Mama wajib ketahui. Tahapan perkembangan berpikir anak memang berbeda-beda, tetapi tidak ada salahnya jika Mama sudah melatih kemampuan berpikir si Kecil sejak dini.

 

facebook-logo twitter-logo