Bagaimana Membuat Waktu Makan Balita Menyenangkan? - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

Bagaimana Membuat Waktu Makan Balita Menyenangkan?

Tak jarang balita mengamuk, menangis atau rewel saat waktu makannya tiba. Ibu sebaiknya mulai menciptakan waktu makan yang menyenangkan bagi balita.

Jika waktu makan si Kecil adalah mimpi buruk bagi Ibu, ada beberapa langkah yang bisa Ibu lakukan agaria bisa menikmati waktu makan sekaligus memiliki pola makan yang baik. Ibu perlu ingat bahwa si Kecil akan makan ketika ia merasa lapar.

Masalahnya kadang ia tidak merasa lapar ketika waktu makan telah tiba. Bermain, menonton televisi dan beberapa kegiatan lain bisa menjadi distraksi yang menarik perhatiannya dibandingkan makan. Agar ia merasa tertarik dengan waktu makannya, Ibu bisa membuat waktu makan jadi menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh si Kecil.

Did you know?

”Ibu sebaiknya tidak merencanakan waktu makan mendekati waktu tidur siang si Kecil, karena mungkin ia akan terlalu lelah untuk makan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Libatkan Si Kecil saat Mempersiapkan Makanan

Memasak bersama Ibu merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan bagi si Kecil. Mencampurkan bahan pokok, mencuci sayuran adalah contoh pekerjaan di dapur yang bisa melibatkan si Kecil. Memasak sendiri makanannya, membuat si Kecil lebih menyukai makanannya.

Potong Makanan Jadi Bentuk Lucu

Bentuk makanan biasa kurang menarik perhatian si Kecil. Maka tak ada salahnya Ibu memotong buah-buahan, sayuran dan daging dengan bentuk menarik seperti bintang, segitiga atau hati. Selain unik, bentuk-bentuk ini bisa menjadi bahan stimulasi si Kecil untuk mengenal bentuk.

Membuat Bentuk Wajah di Makanan

Saat menyajikan makanan si Kecil di meja, Ibu bisa membuat makanannya tampak seperti bentuk wajah. Setidaknya Ibu bisa memotong sayuran dan lauk-pauk untuk dijadikan mata, hidung dan bibir yang tersenyum.

Potongi Lauk Si Kecil

Si Kecil biasanya merasa tertekan bila melihat lauk dalam potongan yang besar, ini juga bisa mengurangi nafsu makanannya. Saat memberikan makanan si Kecil Ibu bisa coba untuk memotong-motong lauk si Kecil ke ukuran satu suap per potongannya.

Berikan Nama Pada Menu

Akan lebih menyenangkan bila Ibu memberikan nama pada menu makanan si Kecil. Misalnya Tomat Robin, Bayam Popeye, Wortel Kelinci.

Biarkan Makanan Mengotori Si Kecil

Mungkin Ibu ingin marah bila si Kecil menumpahkan makanan, atau mengotori pakaiannya dengan makanan. Namun sebenarnya membiarkan si Kecil makan sendiri dan membiarkannya bereksperimen dengan makanannya akan meningkatkan nafsu makan si Kecil.

Undang Teman Si Kecil

Balita akan merasa lebih semangat untuk makan bila bersama teman-temannya. Triknya, Ibu bisa undang  teman si Kecil yang memiliki kebiasaan makan yang bagus, agar si Kecil mengikutinya.

 

Sumber:

- Ferguson D.M., et al. Pediatrics, 1985: 73: 773-775.

- Archer L.A., et al. Can J Psychiatry, 1990: 35: 501-505.

facebook-logo twitter-logo