Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

5 Kiat Jadikan Si Kecil Aktif dan Terhindar dari Virus Penyakit

Saat melihat Si Kecil berlari kesana-kemari, pasti hati Mama terasa sangat senang.

Agar Si Kecil dapat selalu aktif, Mama harus menjaga Si Kecil untuk tetap sehat dan terhindar dari virus penyakit. Si Kecil memang lebih rentan terhadap virus-virus yang dapat menyebabkan demam, batuk, pilek, dan diare. Virus pada umumnya tidak perlu diberikan antivirus dan antibiotik, saat sakit Si Kecil hanya perlu diberikan obat untuk gejalanya saja. Namun, tentu lebih baik mencegah semua itu bukan? Bagaimanakah agar Si Kecil dapat selalu aktif dan terhindar dari paparan virus penyakit?

Untuk memastikan hal tersebut, Mama dapat melakukan dan mengajarkan beberapa hal ini kepada Si Kecil:

1. Jaga Tubuh tetap Terhidrasi

Tubuh Mama terdiri 60% dari air dan Si Kecil lebih banyak yaitu 78% dari air, maka untuk berfungsi dengan baik diperlukan konsumsi air yang cukup. Air di dalam tubuh berguna untuk menjaga suhu tubuh tetap normal, melindungi jaringan tubuh, dan membantu pembuangan sisa metabolisme tubuh melalui buang air kecil. Air membantu sistem transportasi sel dalam tubuh untuk dapat bekerja dengan normal, sehingga otot-otot Si Kecil bergerak dengan lancar dan sistem imun dapat berjalan dengan baik dan membantu melawan virus.

2. Tidur yang Cukup

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurangnya tidur dapat mengganggu fungsi kognisi dan perilaku. Si Kecil dapat lebih berkonsentrasi pada saat beraktivitas dan lebih mudah untuk belajar hal-hal baru. Saat tidur, tubuh juga meregulasi sistem imun sehingga tubuh Si Kecil dapat melawan infeksi virus. Untuk Si Kecil yang berumur hingga 3 bulan direkomendasikan tidur selama 14 jam, sedangkan untuk umur 4 bulan–5 tahun direkomendasikan tidur selama kurang lebih 12 jam termasuk tidur siang.

3. Menjaga Kebersihan

Untuk tetap aktif dan terhindar dari penyakit, maka Si Kecil harus diajarkan cara untuk menjaga kebersihan. Virus-virus yang sering dijumpai yang menyebabkan batuk, pilek, dan diare pada umumnya dapat ditularkan jika Si Kecil tidak menjaga kebersihan. Batuk dan pilek dapat ditularkan melalui percikan droplet dari orang sakit. Droplet ini bisa tersebar pada lingkungan umum seperti gagang pintu, yang dapat disentuh Si Kecil.

Si Kecil dapat terinfeksi jika memasukkan tangan ke hidung atau mulut saat makan. Semua ini dapat dihindari jika ia mencuci tangan terlebih dahulu. Dengan hanya mencuci tangan, tingkat infeksi saluran pernapasan dapat menurun hingga 16-25%.

4. Bermainlah Bersama Si Kecil

Si Kecil pasti akan senang jika Mama ajak bermain. Saat bermain, Si Kecil dapat belajar berbagai hal baru dan menjadi tumbuh lebih dekat dengan Mama. Selain itu, bermain dengan Si Kecil dapat menurunkan tingkat stres emosionalnya. Stres emosional bersifat buruk untuk tubuh karena tubuh mengeluarkan hormon-hormon stres yang menekan daya tahan tubuh Si Kecil seperti kortisol.10 Maka pastikan Mama meluangkan waktu untuk bermain dan beraktivitas dengan Si Kecil.

5. Pola Makan yang Sehat

Makan merupakan suatu kebutuhan pokok untuk Mama dan Si Kecil. Makan memberikan tubuh energi untuk berfungsi dengan normal, sehingga Si Kecil dapat tetap beraktivitas. Selain itu, makanan juga diperlukan sistem imun tubuh Si Kecil untuk melawan infeksi penyakit termasuk virus. Sebagai contoh vitamin A dan zink diperlukan untuk replikasi sistem imun, sedangkan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan membantu enzim tubuh bekerja dengan normal.1

Asupan makanan yang diperlukan Si Kecil bergantung dari usianya. Untuk usia dari 0 – 6 bulan, Si Kecil memerlukan ASI eksklusif, yang berarti hanya diberikan ASI saja. Untuk 6 – 24 bulan (2 tahun), Si Kecil tetap mendapatkan ASI namun juga diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI).2,3 Setelah diatas 2 tahun, Si Kecil dapat diberikan makanan seperti Mama dengan porsi yang cukup. Pola makan yang sehat memiliki makronutrien berupa glukosa, protein, dan lemak, juga mikronutrien berupa vitamin dan mineral. Pastikan juga Mama menyajikan buah dan sayuran sebanyak 5 porsi per harinya.

Nutrilon Royal Acti Duobio + mengandung kombinasi unik FOS: GOS 1: 9 dan LCPUFA yang terbukti secara klinis bantu perkuat daya tahan tubuh si Kecil.*

Cari tahu lebih lanjut tentang FOS unik kami: GOS 1: 9 dan nutrisi kaya lainnya di Nutrilon Royal ACTI Duobio + klik di sini.

5 tips yang disebutkan di atas sangat penting untuk diperhatikan bagi orang tua. Bila Mama memerlukan informasi lebih lanjut tentang kegiatan yang diperlukan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang cara memastikan anak-anak aman dari penyakit, Mama dapat membaca artikel lainnya disini. (Akan di link ke artikel 5 cara mencegah penyakit yang ampuh untuk si Kecil

facebook-logo twitter-logo