With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-9

Jangan lupa, selain kewajiban makan makanan bergizi seimbang, ada beberapa jenis makanan yang harus Ibu hindari. Di Club Nutricia, informasi soal makanan dan tips lain sudah kami siapkan untuk Ibu.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Perkembangan Bayi



Panjang bayi Ibu di usia 9 minggu kini mencapai 2 cm.  Lengan dan kakinya sedang tumbuh pesat dan siap bergerak. Akar gigi mulai berkembang dan telinga sudah terbentuk. Selaput pada jari-jarinya sudah mulai hilang, kelopak mata sudah terbentuk walau belum bisa dibuka. Kini Ia sudah mulai aktif memutar kepala, menggerakkan jari kaki dan menutup serta membuka mulut.



Pahami Tubuh Ibu



Mengetahui jenis makanan yang perlu Ibu hindari selama kehamilan, sama pentingnya dengan memperhatikan makanan sehat yang harus Ibu konsumsi. Makanan apa saja yang harus dihindari?



Makanan yang dapat menyebabkan keracunan dan penyakit:


  • Telur setengah matang atau telur mentah atau makanan yang terbuat dari telur (seperti mousse, es krim dan mayonaise)

  • Daging, ayam atau ikan setengah matang atau mentah

  • Ikan atau daging mentah yang dicampur dalam makanan misalnya sushi atau steak tartar  dan salmon asap (smoked salmon)

Tahukan Ibu?

Minggu ke-9 mungkin terlalu awal untuk melakukan senam hamil. Namun bila Ibu ingin ikut kelas tertentu pada jadwal tertentu pula, tidak ada salahnya memesan tempat jauh-jauh hari. Konsultasikan pada dokter, tentang kelas-kelas yang sebaiknya diikuti.

Makanan yang mengandung unsur berbahaya:


  • Susu yang belum disuling (pasteurisasi), keju atau yoghurt, keju lunak seperti brie, camembert, ricotta atau keju blue veined. (keju cheddar biasa atau keju cottage tidak masalah selama terbuat dari susu yang sudah disuling – periksa labelnya)

  • Pâté atau hati – Jenis makanan ini mungkin mengandung kadar vitamin A yang terlalu banyak dan dapat membahayakan bayi Ibu. Jenis makanan ini juga beresiko mengandung kuman listeria.