With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-7

Saat merencanakan kehamilan dan selama masa kehamilan ada baiknya Ibu menjalani pola hidup sehat. Bagaimana caranya bisa Ibu dapatkan di siini.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Pahami Tubuh Ibu

Pola hidup sehat adalah  suatu keharusanselama kehamilan. Bila Ibu merasa sedikit malas, coba pertimbangkan dampaknya terhadap bayi Ibu.

Sebaiknya, hindari makanan atau minuman yang berpengaruh buruk terhadap perkembangan bayi Ibu.

Tahukan Ibu?

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu tidak bekerja efektif seperti sebelum hamil. Jadi, tingkatkan kebersihan diri dan lingkungan Ibu termasuk saat mempersiapkan makanan. Mengetahui jenis makanan yang harus dihindari juga penting diperhatikan.

Perkembangan Bayi di minggu ke-7

Di minggu ke-7 kehamilan, panjang bayi Ibu mencapai 12 mm. Sistem pencernaannya sudah mulai berkembang dan beberapa jalur pernafasan sudah mulai terbentuk di daerah jantung.
Lihat saja, bentuk lengan dan kakinya serta calon jari-jarinya sudah mulai terlihat jelas. Kelopak mata  dan hidung juga mulai terbentuk. Secara keseluruhan, janin Ibu sudah terlihat seperti bayi.

Beberapa minggu ke depan, Ibu juga akan takjub merasakan tendangan-tendangan halus bayi karena serat ototnya mulai terbentuk dan membuat bayi kecil Ibu mulai bisa melakukan gerakan halus yang tak beraturan.