With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-40

Bagaiman perasaan Ibu sekarang? Bahagia, cemas, atau lelah. Semuanya pasti campur aduk.Apapun yang Ibu rasakan dan pikirkan saat ini, seperti munculnya tanda-tanda melahirkan, kami siap dihubungi setiap saat.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Perkembangan Bayi

Dari satu sel, selama 9 bulan berubah menjadi seorang manusia kecil yang terdiri dari 200 juta sel. Sungguh menakjubkan!
Saat dilahirkan, berat rata-rata bayi adalah sekitar 3.4 kg dengan panjang 50cm. Ruang geraknya terbatas karena tubuhnya memenuhi rahim Ibu.

Tahukan Ibu ?

Hanya sekitar 5% bayi lahir tepat waktu sesuai tanggal yang diperkirakan. Empat dari lima bayi lahir lewat seminggu dari tanggal perkiraan. Jadi jangan panik kalau bayi Ibu lahir tidak sesuai tanggal yang diperkirakan. Konsultasikan dengan dokter ibu.

Pahami Tubuh Ibu


Kini, Ibu dan bayi Ibu tinggal menunggu waktu kelahiran. Santai saja, banyak jalan, dan coba menikmati saat-saat terakhir merasakannya di perut ibu.

Memang wajar kalau Ibu cemas menghadapai proses melahirkan. Semua calon ibu merasakan hal yang sama. Maka itu, kenali tanda-tanda kelahiran dengan keluarnya bercak darah atau lendir kemerahan dari vagina ibu. Kontraksi ibu juga akan terus berlangsung semakin sering. Jangan lupa banyak menghela nafas agar ibu lebih rileks.

Selamat menyambut buah hati Ibu, semoga lancar dan tetap sehat! Dan jangan lupa mengabari kami.