With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-38

Jangan cemas menghadapi kelahiran yang makin dekat. Santai saja. Semua ibu juga mengalaminya. Kenapa tidak berbagi pengalaman dari teman-teman di sini pasti menarik untuk disimak.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   


Perkembangan Bayi


Bayi Ibu sudah makin matang. Di 2 minggu terakhir ini ia banyak berbaring. Umumnya, bayi yang siap lahir panjangnya sekitar 49 atau 50 cm, dan beratnya mendekati 2.9 kg. Ajaklah ia berbicara atau bernyanyi, karena ia sudah mampu mendengarkan suara Ibu. Komunikasi ini juga menciptakan kedekatan antara Ibu dan bayi.

 

Tahukan  Ibu ?

Keluarnya lendir karena terbukanya sumbat lendir yang menutup rahim, menjadi  tanda bahwa kehamilan hampir berakhir. Tapi bukan berarti persalinan segera terjadi. Karena  tanda-tanda ini bisa saja terjadi beberapa minggu sebelumnya.


Ibu & tubuh Ibu


Pahami Tubuh Ibu

Karena Ibu sulit tidur di malam hari, maka beristirahatlah sebanyak mungkin di siang hari. Ganjal kaki dengan bantal , agar lebih nyaman.

Kurangi kecemasan menghadapi kelahiran  dengan mendiskusikannya bersama suami.
Jika Ibu sudah memiliki anak pertama, siapkan ia untuk menjadi kakak. Libatkan agar tidak cemburu. Misalnya memintanya memasukkan baju-baju adik bayi ke dalam tas, pasti membuat si kakak senang.