With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-37

Saat-saat menjelang kelahiran makin dekat. Perut Ibu juga tampak turun karena bayi sudah memasuki jalan lahir. Berbagi saran dengan teman-teman di Club Nutricia, mungkin bisa membuat Ibu lebih nyaman.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Perkembangan bayi Ibu

Karena ruang untuknya sudah semakin sempit, maka gerakannya kini bukan terasa menendang tapi menggeliat. Wajar saja, karena  beratnya sekarang sekitar 2.7 kg dan panjangnya 49 cm. Besar kan?

Wajah bayi Ibu sudah lengkap. Kelopak matanya kini dapat terbuka dan tertutup dengan mudah dan sudah punya bulu mata. Lehernya juga semakin tebal.

 

Tahukan Ibu?

Di usia 37 minggu ini, bayi Ibu cukup matang untuk dilahirkan. Begitu juga bila bayi Ibu kembar. Tapi bila kondisi kehamilan Ibu sehat, tunggulah hingga ia lahir secara alami.

Pahami Tubuh Ibu


Ibu pasti sekarang sedang semangat-semangatnya menyiapkan segala hal menjelang kelahiran bayi tercinta.


Tas besar berisi perlengkapan Ibu dan bayi untuk dibawa ke rumah sakit, menata kamar bayi atau menambah beberapa bantal di kamar Ibu. Duh, senangnya!


Tapi jangan melakukan kegiatan yang berlebihan. Sesuaikan kegiatan dengan keseimbangan tubuh Ibu yang sedang hamil besar. Sebaiknya Ibu jangan mencat kamar bayi sendiri, karena sebagian besar kandungan dalam cat berbahaya untuk bayi dalam perut Ibu.  Menghirup aromanya saja sudah cukup berbahaya. 

Tubuh yang  membawa beban ekstra harus bekerja keras untuk kehidupan bayi dalam kandungan. Akibatnya, sirkulasi darah meningkat dan butuh kalori lebih banyak. Istirahatlah dan coba tips berikut:

  • Kompres mata Ibu dengan handuk dingin.

  • Bila memungkinkan, bawa water sprayyang kini banyak dijual di supermarket atau apotik-apotik besar, di dalam tas untuk mendinginkan tubuh dalam perjalanan

  • Banyak minum air untuk mencegah dehidrasi

  • Istirahatlah diruangan yang sejuk dan besar.