With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-31

Kehamilan seringkali membuat kita, Ibu mudah lapar. Tapi makan  sedikit saja sudah merasa kekenyangan dan sesak nafas. Tanyakan pada tim ahli kami untuk saran mengatasinya.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   


Perkembangan bayi Ibu

Perkembangan Bayi

Panjang bayi Ibu kini sekitar 41cm dan beratnya bertambah menjadi sekitar 1.5 kg. Bagian otaknya sudah berkembang. Ibu juga sudah bisa memberi rangsangan, lewat musik misalnya.
Sebuah penelitian menyatakan bahwa para bayi yang diberi rangsangan musik sejak dalam kandungan, akan memberikan respon baik setelah lahir. Mengapa tidak Ibu coba?

 

Tahukan Ibu?

Saat ini tubuh bayi Ibu sudah tertutup bulu halus yang disebut lanugo. Bulu halus ini membantu menjaga agar tubuhnya tetap hangat . Tapi pada minggu-minggu ini, bulu halus tersebut akan hilang.

 

Pahami Tubuh Ibu


Saat ini, Ibu mungkin mulai merasa sesak nafas. Keadaan ini bisa Ibu rasakan  hingga bayi Ibu turun ke rongga pinggul Ibu. Ini biasanya terjadi sekitar usia kehamilan 36 minggu.
Rahim yang membesar menekan diafragma ( otot yang biasanya mengontrol nafas Ibu) jadi tidak banyak ruang untuk udara. Cara terbaik mengatasinya adalah beristirahat.
Nafas tersengal-sengal juga bisa menjadi tanda anaemia. Jadi, sebaiknya Ibu ke dokter untuk memastikan Ibu baik-baik saja. Bacalah informasi   tentang  kesehatan yang bisa membantu Ibu