With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-29

Tidur nyenyak di malam hari pada minggu-minggu ini mungkin sulit Ibu lakukan. Karena kurang tidur, tubuh kita jadi terasa letih. Ibu bisa chatting dengan sesama ibu atau dengan tim ahli kami untuk mendapat saran mengenai hal ini.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   


Perkembangan Bayi

Dengan panjang hampir 40 cm, bayi Ibu kini berbobot kurang lebih 1 kg. Walaupun tiap bayi berbeda, tapi selama trimester ketiga ini, Ibu bisa memperkirakan berat bayi Ibu mungkin akan meningkat tiga kali lipat menjelang minggu ke-40.
Kalau Ibu lihat dalam saat di USG, bayi Ibu kini sudah sepenuhnya berbentuk. Walau belum matang, namun semua organnya  sudah berkembang.


 

Pahami Tubuh Ibu


Saat ini pasti Ibu mulai sulit tidur. Coba, tidur miring. Letakkan 1 bantal di antara lutut, 1 bantal menahan punggung dan 1 bantal lagi di bawah kepala.
Jangan lupa, minum segelas susu hangat sebelum tidur (hindari kopi). Berendam dalam air hangat dengan memberi beberapa tetes minyak lavender misalnya, bisa juga dicoba. Pasti Ibu akan lebih rileks dan bisa tidur nyenyak.

 

Tahukan Ibu?

Pada minggu ke-29 Ibu berhak secara hukum untuk mengambil cuti hamil Ibu? Pastikan Ibu ingat bahwa setiap minggu yang diambil sebelum kelahiran adalah satu minggu yang hilang setelah bayi Ibu lahir.