With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-27

Hamil dan di rumah terus-menerus, memang membosankan. Cari tahu apa yang dilakukan ibu lainnya untuk berlibur di forum kami. Tim ahli kami juga siap memberi tips tentang liburan aman untuk ibu yang sedang hamil.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   


Perkembangan bayi


Panjang bayi Ibu kini 37cm dengan bobot kurang lebih 2 pon. Memasuki trimester terakhir, bayi Ibu mulai menerima kekebalan terhadap infeksi dari antibodi yang ada di sekitar plasenta. Kekebalan ini akan meningkat dengan pemberian ASI dan terus berlangsung hingga usia bayi Ibu beberapa bulan.

Tahukan Ibu?


Jika Ibu ingin bepergian saat ini, naik pesawat boleh saja, tapi tergantung penerbangannya. Dengan perut yang makin besar, pihak penerbangan akan meminta surat keterangan dokter tentang tanggal persalinan Ibu dan kondisi Ibu yang normal dan sehat. Akan amat tidak  nhyaman kalau Ibu sampai harus melahirkan di pesawat terbang.
Tapi sebelum memutuskan bepergian, cari info sebanyak mungkin tentang hal ini supaya Ibu tenang dan nyaman dalam perjalanan.

Pahami Tubuh Ibu

Memasuki akhir kehamilan, mungkin Ibu merasakan panas dalam perut karena asam lambung meningkat. Coba tips berikut untuk mengatasinya:

 

  • Minum segelas susu  sebelum tidur

  • Tidur terlentang atau miring dan gunakan dua buah bantal untuk menyangga tulang punggung dan leher Ibu.

  • Jangan minum sembarang obat untuk salah cerna sebelum memeriksakan diri ke dokter.